Logo Saibumi

Jangan Lakukan Lima Hal Ini saat Berbuka Puasa

Jangan Lakukan Lima Hal Ini saat Berbuka Puasa

Foto: Ilustrasi/Istimewa

Saibumi.com, Lampung - Berpuasa di bulan Ramadhan dengan suhu yang cukup panas di siang hari, mungkin menjadi tantangan tersendiri bagi banyak umat Muslim, khususnya di Indonesia.

Tapi, hal ini justru memiliki manfaat karena bisa lebih mengajarkan kita dalam mengontrol diri, mengangkat semangat kita, dan membuat sistem makan kita lebih teratur.

Namun, ada beberapa kesalahan yang cukup sering kita lakukan ketika waktu berbuka puasa tiba, sehingga manfaat tersebut malah tak terasa.

Semua mungkin sudah tahu bahwa kita seharusnya tidak melakukan hal-hal ini, namun seringkali justru sulit untuk menahannya.

Berikut adalah beberapa kesalahan yang harus dihindari selama berbuka puasa, seperti dilansir dari Fustany dan Suara.com -- jaringan Saibumi.com, Selasa, 7 Mei 2019.

1. Minum terlalu banyak

Begitu Anda mendengar adzan, Anda mungkin akan segera mengambil air dan mulai untuk minum. Tetapi terlalu banyak air tidak baik setelah Anda berpuasa berjam-jam. Itu akan membuat Anda merasa begitu kenyang atau bahkan membuat Anda sakit perut. Minumlah sedikit demi sedikit sampai Anda tidak haus lagi.

2. Makan terlalu banyak

Sekali lagi Anda tidak bisa mengharapkan perut Anda memproses makanan sebanyak itu setelah sebelumnya kosong hampir sepanjang hari. Motivasi diri Anda dengan memasak dalam jumlah kecil dan menyajikan dalam jumlah kecil ke piring Anda.

3. Melebihi batas gula Anda

Mengkonsumsi gula dalam jumlah besar hanya akan membuat hari Anda semakin buruk. Itu akan membuat Anda merasa lebih lapar dan haus, Anda tentu tidak menginginkannya. Sebaikmya konsumsi kurma dan jangan tambahkan gula ke jus alami Anda.

Gula memang menggoda, tetapi juga cara tercepat untuk menambah berat badan.

4. Karbohidrat dan lemak terlalu banyak

Karbohidrat dan lemak seharusnya tidak menjadi pilihan pertama Anda saat berbuka puasa.

Cara yang ideal adalah mulai dengan sup dan salad, kemudian beralih ke protein dan kemudian Anda dapat memiliki karbohidrat dalam jumlah yang lebih kecil. Ini akan dihitung sebagai makanan seimbang yang memiliki jumlah kalori yang tepat yang Anda butuhkan.

5. Tidur setelah Anda makan

Jangan lakukan itu, tidak peduli betapa lelahnya Anda. Cobalah untuk tetap terjaga dan mungkin berjalan-jalan setelah makan, ini akan memberi tubuh Anda kesempatan untuk mencerna makanan dengan baik, sehingga Anda tidak mendapatkan masalah pencernaan. (*/SB-03)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong