Logo Saibumi

THR PNS Cair 24 Mei 2019, Ini Jumlah Minimal yang Diterima

THR PNS Cair 24 Mei 2019, Ini Jumlah Minimal yang Diterima

Foto: Ilustrasi/Istimewa

Saibumi.com, Lampung - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin memastikan, tunjangan hari raya (THR) pegawai negeri sipil (PNS) cair pada 24 Mei 2019.

"Itu sudah diputuskan (dalam ratas), tanggal 24 (Mei)," kata dia, di Komplek Istana, Jakarta, Jumat, 3 Mei 2019.

Syafruddin menjelaskan, penetapan waktu pencairan THR abdi negara juga sudah diputuskan dalam rapat terbatas (ratas).

Hanya saja, dirinya tidak mengetahui secara rinci mengenai besaran THR yang akan diterima PNS seberapa besar.

"Tadi sudah diumumkan di sidang kabinet, nanti sama Wamenkeu," ungkap dia.

Sebelumnya, Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB, Mudzakir, mengatakan kewenangan tentang pencairan THR PNS tersebut berada di ranah Kementerian Keuangan yang dikepalai oleh Sri Mulyani Indrawati.

"Ibu Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pernah menyampaikan akan cair akhir Mei dan beliau tegaskan lagi harus sebelum Lebaran," jelasnya.

THR yang diberikan tahun ini akan mengikuti peraturan gaji pokok PNS yang berlaku saat ini.

Lantas, berapa besaran THR yang diterima oleh PNS?

Diketahui, pada awal April 2019, PNS resmi merasakan kenaikan gaji sebesar 5%, yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedelapan Belas Atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji PNS.

Bila mengacu gaji terbaru dalam PP tersebut, sebagai contoh untuk golongan IIIa masa kerja 0 tahun yang biasanya merupakan jabatan untuk lulusan baru bagi sarjana, maka akan mendapat THR senilai gaji pokok yakni Rp 2.579.400.

Besaran THR yang diterima itu berbeda-beda tiap jabatan, golongan, dan masa kerja. Semua itu tergantung dari gaji pokok yang diterima oleh masing-masing PNS.

Tapi selain gaji pokok, biasanya sejumlah komponen lain juga akan dimasukkan ke dalam THR.

Mudzakir, mengatakan komponen THR tahun ini diperkirakan sama dengan komponen THR tahun lalu.

"Kita tunggu PP-nya keluar, tapi insya Allah sebagai gambaran akan serupa dengan tahun sebelumnya," kata dia.

Sedangkan bila melihat ke belakang, besaran THR yang diterima PNS pada 2018 sebesar satu kali gaji penuh atau take home pay. Dalam take home pay tersebut ada berbagai tunjangan yang diberikan.

Mulai dari tunjangan kinerja (tukin) yang besarannya berbeda-beda, tergantung jabatan dan instansi. Kemudian tunjangan anak istri, tunjangan umum, tunjangan jabatan, dan tunjangan-tunjangan lainnya. (*/SB-03)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong