Logo Saibumi

Bupati Lambar Imbau Warung Makan Tutup Siang Hari di Bulan Puasa

Bupati Lambar Imbau Warung Makan Tutup Siang Hari di Bulan Puasa

Bupati Lampung Barat (Lambar) Parosil Mabsus I Foto: Edi Saputra/Saibumi.com

Saibumi.com, Lampung Barat - Menjelang Ramadhan 1440 Hijriah, Bupati Lampung Barat (Lambar) Parosil Mabsus menghimbau agar menjaga kekhusukan dan menghormati bulan suci umat Muslim, serta suasana kondusif bagi yang melaksanakan ibadah puasa.

"Untuk seluruh camat agar menyampaikan imbauan ini kepada seluruh peratin dan lurah di wilayah kerjanya masing-masing. Memanfaatkan bulan suci Ramadhan sebagai momentum penyampaian dakwah Islamiyah yang menyejukkan, tidak meresahkan," kata dia, Jumat, 3 Mei 2019.

Menurut Parosil, bulan puasa juga tidak boleh ada kegiatan lainnya, tidak boleh memecah belah umat dan melaksanakan bulan suci Ramadhan dengan suasana damai dan tentram, saling menghormati antar umat beragama.

Lalu, meningkatkan amalan di bulan suci Ramadhan, serta menggalakkan kegiatan ibadah keagamaan dan sosial.

"Tambahan kegiatan kita saat puasa yakni Shalat Tarawih, Tadarus Al Qur'an, pengajian, Zakat, Infaq dan Sodakoh. Makanya, kita harus menjauhi segala bentuk perbuatan maksiat yang dapat merusak ibadah dan menghilangkan pahala puasa," imbau bupati.

Kepada pengusaha rumah makan atau warung, Parosil menegaskan agar diupayakan ditutup pada siang hari. Jika buka pada siang hari, bupati menyarankan agar ditutup sebagian, supaya tidak terlihat dari luar.

Bagi yang tidak berpuasa, hendaknya menghormati orang yang sedang berpuasa, dengan tidak melakukan makan, minum dan merokok secara menyolok.

"Saya juga berpesan agar tidak memproduksi, memperdagangkan, membakar dan membunyikan mercon atau petasan atau hal lain, yang dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain," kata bupati.

Kepada masyarakat non muslim, Parosil meminta agar menghormati umat Muslim yang sedang melaksanakan ibadah puasa, dengan menghindari sikap perbuatan yang menyinggung perasaan umat Islam, agar tercipta dan terpeliharanya persatuan dan kesatuan bangsa. (SB-09)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong