Logo Saibumi

BPJS Kesehatan Putus Kerjasama dengan RS Imanuel Bandar Lampung, Ini Sebabnya

BPJS Kesehatan Putus Kerjasama dengan RS Imanuel Bandar Lampung, Ini Sebabnya

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bandar Lampung, Muhammad Fakhriza, saat konferensi pers di kantornya, Kamis, 2 Mei 2019. I Foto: Eva/Saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung - Status masa akreditasi Rumah Sakit (RS) Imanuel di Bandar Lampung telah kadaluarsa dan tidak diurus kembali.

Akibatnya, pihak Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memutus sementara kerjasama dengan RS yang berlokasi di Jalan Soekarno Hatta, By Pass, Sukarame, Bandar Lampung.

Padahal, akreditasi RS tersebut merupakan syarat wajib, sebagai upaya optimalisasi pelayanan Rumah Sakit terhadap peserta BPJS.

Putusnya kerjasama dengan RS Imanuel bukan hal yang dilakukan serta merta. Sebab, pihak BPJS kesehatan sebelumnya telah memberikan peringatan untuk mengurus akreditasinya.

"RS Imanuel berakhir masa akreditasinya pada 2 Februari 2019. Kami sudah ingatkan jauh hari untuk segera urus akreditasinya. Saat ini Rumah Sakit Imanuel sudah habis masa akreditasinya," ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bandar Lampung, Muhammad Fakhriza, dalam konferensi pers di kantornya, Kamis, 2 Mei 2019.

Menurut dia, akreditasi sebagai persyaratan bagi Rumah Sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, seharusnya diberlakukan sejak awal 2018.

Pihak BPJS juga memperhatikan kesiapan Rumah Sakit. Ketentuan ini kemudian diperpanjang hingga 1 Januari 2019, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) Nomor 99 Tahun 2015 tentang perubahan PMK 71 Tahun 2013 Pasal 41 ayat (3).

"Akreditasi sebagai bentuk perlindungan pemerintah dalam memenuhi hak setiap warga negara, agar mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak dan bermutu dari fasilitas pelayanan kesehatan. Jadi, kebijakan ini sesungguhnya pro masyarakat," jelas Muhammad Fakhriza.

Dia menjelaskan, secara nasional sebanyak 270 Rumah Sakit diberhentikan kerjasamanya per 1 Mei 2019. Namun, ada pengecualian terhadap 26 Rumah Sakit, karena RS tersebut hanya ada satu-satunya di wilayah itu.

"Untuk di Bandar Lampung, Rumah Sakit Imanuel yang diputus kerjasamanya, karena RS Imanuel bukan satu-satunya di Bandar Lampung. Untuk kelas B, kami juga punya RSUDAM dan RS Urip Sumoharjo, sehingga tidak ada pertimbangan yang memberatkan untuk tidak diputus kerjasama," terang Muhammad Fakhriza.

Untuk itu, pasien BPJS Kesehatan di R5S Imanuel Bandar Lampung dialihkan ke Rumah Sakit lainnya.

"Pasien dialihkan ke RS yang setara. Namun, RS Imanuel tetap melayani untuk pasien emergency," kata Muhammad Fakhriza. (SB-05)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong