Logo Saibumi

Kapal TNI AL Ditabrak, Hubungan Indonesia-Vietnam Memanas

Kapal TNI AL Ditabrak, Hubungan Indonesia-Vietnam Memanas

Kapal Vietnam tabrak Kapal TNI AL I Foto: Courtesy YouTube

Saibumi.com, Lampung - Setelah kapal berbendera Vietnam dengan sengaja menabrak KRI Tjiptadi-381 di Natuna Utara, Sabtu, 27 April 2019, hubungan antara Indonesia dan Vietnam memanas.

Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menegaskan telah memanggil duta besar Vietnam untuk Indonesia untuk membicarakan hal ini agar bisa diselesaikan dengan baik.

"Menlu (Retno Marsudi) sudah protes. Kita panggil dubesnya di sini, dan juga kita selesaikan secara baik," kata JK, Selasa, 30 April 2019.

Kementerian Luar Negeri memang telah menyampaikan protes kepada pihak Kedutaan Besar Vietnam di Jakarta terkait insiden tersebut.

"Kementerian Luar Negeri telah memanggil wakil dari Kedubes Vietnam di Jakarta dan menyampaikan protes Indonesia atas kejadian yang terjadi kemarin," kata Juru Bicara Kemlu Arrmanatha Nasir, dilansir CNBC Indonesia.

Kapal pengawas perikanan Vietnam diketahui memprovokasi kapal TNI AL karena telah menangkap kapal berbendera Vietnam BD 979 yang sedang melakukan penangkapan ikan secara ilegal.

Namun, provokasi yang dilakukan Vietnam diketahui bukan kali pertama terjadi. JK mengatakan pemerintah akan mengambil sikap untuk berunding dengan pihak Vietnam.

"Kalau perbatasan Indonesia - Vietnam itu kan masih bisa berunding. Batas kontingennya masih dibahas. Itulah yang terjadi. Indonesia mengklaim, Vietnam mengklaim. Maka terjadi bentrok di situ," tegas JK.

Sebelumnya beredar video yang memperlihatkan KRI Tjiptadi-381 ditabrak oleh kapal Vietnam di wilayah laut Indonesia. Ternyata, Vietnam juga mengklaim perairan tersebut adalah wilayah negaranya,

Kemenlu sendiri menyesalkan terjadinya insiden yang melanggar hukum internasional itu.

"Intinya bahwa tindakan yang dilakukan oleh kapal dinas Vietnam itu sangat membahayakan personel," Armanatha.

"Baik dari KRI maupun dari kapal Vietnam itu sendiri. Dan selain itu, tindakan-tindakan yang dilakukan oleh kapal dinas Vietnam itu melanggar hukum internasional," jelasnya. (*/SB-03)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong