Logo Saibumi

Deklarasikan Kemenangan Jokowi-Maruf, Bravo 5 Lampung Gelar Tasyakuran

Deklarasikan Kemenangan Jokowi-Maruf, Bravo 5 Lampung Gelar Tasyakuran

Ketua Umum Bravo 5 DPD Lampung Andi Desfiandi (kanan), didampingi Sekretaris Umum Bravo 5, Mustopa Endi S (kiri) menggelar Tasyakuran Kemenangan Capres-Cawapres 01 Jokowi-maaruf, di Wood Stair Cafe Bandar Lampung, 21April 2019 | Siska/Saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung - Tim Relawan Jokowi - Ma'ruf mendeklarasikan bahwa calon presiden inkumben itu merupakan pemenang pemilihan presiden 2019 versi hasil quick count (qc) dari berbagai lembaga survei kredibel, di Cafe Woods Stair Bandarlampung, Minggu, 21 April 2019.

Bertepatan dengan hari Kartini, agenda berupa tumpengan doa sebagai rasa syukur atas kemenangan pasangan capres dan cawapres nomor urut 01, secara resmi itu diwakili oleh Ketua Bravo 5 DPD Provinsi Lampung, Andi Desfiandi.

"Sebenarnya ini syukuran sederhana, bahwa kita bersyukur karena pemilu sudah selesai dengan aman dan damai. Sebagai relawan kita patut bersyukur kepada Allah SWT atas kemenangan ini, dan terimakasih kepada Masyarakat Indonesia yang sudah memberikan hak suaranya pada Pemilu 17 April lalu," kata Andi.

Kata dia, Mengacu pada 12 lembaga Qc yang kredibel dan teruji yang sudah banyak terbukti dari beberapa tahun sebelumnya. Pendataan suara terbanyak Joko Widodo - Ma'ruf Amin sudah di publikasikan sebagai pemenang dengan range suara 55% secara nasional dan untuk provinsi Lampung sekitar 56-59%

"Menurut track record dari 2009. Lembaga survei tidak pernah meleset lebih dari setengah persen. Jadi wajar bagi kami ikut bersyukur walau hanya kemenangan sementara versi quick count. Namun dari yang sebelumnya, ketika quick count sudah keluar tidak berubah signifikan," jelasnya.

Kendati begitu, ia tetap menghormati dan mengikuti proses rekapitulasi suara Real Count oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Senin, 22 Mei 2019 sebagai hasil akhir resmi sesuai ketentuan perundangan yang berlaku.

"Kami sangat menghormati dan mengikuti prosedur, tetap dikoridor hukum. Bahwa kami bersabar dan ikhlas untuk menunggu hasil rekapitulasi, keputusan resmi yang akan disampaikan KPU. Acara ini hanyalah doa bersama, tidak terlalu euforia. Sekedar mengungkapkan kegembiraan," tegasnya.

Ia menghimbau semua pihak dan kepada seluruh masyarakat agar tetap tenang dan sabar, tetap beraktivitas seperti biasa, hindari mempublikasikan hasil-hasil Pemilu dan Pilpres melalui sosial media dari sumber-sumber yang tidak resmi yang berpotensi hoax.

Namun, tetap mengawasi seluruh tahapan rekapitulasi suara dengan baik, beretika dan sesuai norma hukum yang berlaku.

"Mari lupakan perbedaan dan tidak ada lagi 01 atau 02, karena sekarang sudah menjadi 03. Yang mana dalam Pancasila di sila ke 3 yakni, Persatuan Indonesia. Dan sebagai umat yang beragama, siapapun Presiden terpilih sudah ditetapkan oleh Tuhan di Lauhul Mahfudz," tutupnya.

Sebelumnya, Lembaga Survei Rakata Institute merilis hitung cepat atau quick count (QC) Pemilu 2019 di Ballroom Hotel Horison Bandar Lampung, Jumat 19 April 2019. Data masuk 97,99%, dengan tingkat kepercayaan 99% dan margin of error 1,05%. Dari hasil perolehan di Provinsi Lampung pasangan 01 Jokowi-Maruf Amin unggul 57,99 persen.

Sebaran Elektabilitas mencatat Jokowi-Ma'ruf menjadi juara suara terbanyak di 11 Kabupaten, diantaranya, Lampung Selatan 65,28%, Metro 56,93%, Pesawaran 50,56%, Pringsewu 64,68% dan Lampung Barat 56,59%. Selain itu, di Way Kanan paslon 01 mendapat suara 51,16%, Tulang Bawang 63,95%, Tulang Bawang Barat 67,73%, Mesuji 67,24%, Lampung Tengah 64,63% dan di Lampung Timur 68,14%.

Sedangkan di 4 Kabupaten Kota, suara Jokowi Maaruf terbilang lebih rendah, yakni Bandarlampung hanya 46,69%, Tanggamus 46,35%, Pesisir Barat 49,12% dan Lampung Utara 41,09%. (SB13)

#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong