Logo Saibumi

Korupsi Pembangunan Jalan Way Kambas, Direktur PT Archilles Raja Dibui 6 Tahun

Korupsi Pembangunan Jalan Way Kambas, Direktur PT Archilles Raja Dibui 6 Tahun

Terdakwa Sutanto, dengan pidana penjara selama 6 tahun | Siska/Saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung - Ketua Majelis Hakim Siti Insirah memvonis terdakwa Sutanto, dengan pidana penjara selama 6 tahun. Direktur PT Archilles Raja itu melakukan korupsi pembangunan jalan kabupaten Lampung Timur Jalan menuju Way Kambas, senilai  Rp3,5 milyar.

Hakim juga menyebutkan bahwa terdakwa didenda Rp200 juta subsider hukuman kurungan 6 bulan dan wajib membayar uang Pengganti Sebesar Rp439 jutasita Hartanya bila tidak cukup ditambah  hukuman nya selama 2 tahun penjara.

"Terdakwa terbukti bersalah melanggar pasal 2 ayat (1) junto pasal 18 UU RI nomor 31 tahun 1999 tentang tindak pidana  korupsi," katanya, Selasa 17 April 2019.

Sebelum menjatuh vonis Majelis mempertimbangkan hal yang memberatkan  terdakwa tidak mendukung program pemerintah tentang Pemberantasan korupsi dan memperkaya diri sendiri. Sedangkan hal yang meringankan  berlaku sopan selama persidangan

Pada sidang sebelumnya jaksa penuntut umum M.Habi menuntut nya selama 8 tahun penjara. Dalam dakwaan, diketahui terdakwa melakukan kajahatannya tersebut dengan cara, pada saat pelaksanaan pekerjaan penigkatan ruas Jalan Raja Basa Lama Way Kambas, pada sektor pengerjaan laston ACWC terdakwa hanya menyelesaikan proyek tersebut dengan hanya menggunakan laston sebanyak 760 ton, yang terdapat selisih sebesar 30 ton lebih dari perjanjian.

"Perbuatan terdakwa tersebut, telah merugikan keuangan negara sebesar 1,5 milyar lebih, dengan beberapa pengerjaan yang tidak sesuai dengan kontrak, yang seolah oleh pekerjaan tersebut dibuat dengan menghabiskan laston ACWC sebanyak 1553 ton," pungkasnya.(SB13)

#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong