Logo Saibumi

Kapolres Lamteng : Tidak Ada Toleransi Bagi Pihak yang Ganggu Pemilu 2019

Kapolres Lamteng : Tidak Ada Toleransi Bagi Pihak yang Ganggu Pemilu 2019

Ist

Saibumi.com,Lampung Tengah - TNI-Polri sebagai institusi yang bertanggung jawab langsung terhadap pengamanan jalannya Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2019 apabila menemukan hambatan terkait Pemilu untuk mengambil tindakan tegas sesuai dengan prosedur tatap dan aturan hukum yang berlaku.

Hal ini disampaikan Kapolres Lampung Tengah (Lamteng) AKBP I Made Rasma saat menggelar apel pergeseran pasukan (Serpas) untuk melaksanakan pengamanan tahap pungut suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS), di lapangan Mapolres Senin 15 April 2019.

Kapolres mengatakan bahwa terkait penyelenggaraan Pemilu serentak tahun 2019 masih terdapat ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang dimungkinkan akan menghambat kelancaran penyelenggaraannya."Tidak ada toleransi sekecil apapun bagi pihak-pihak yang akan mengganggu jalannya pemilu tahun 2019,"tegas Kapolres

Kapolres mengatakan untuk pengamanan TPS sedikitnya 748 personil gabungan TNI-Polri dikerahkan."748 personel akan mengamankan 3953 TPS yang tersebar diwilayah Lamteng,"jelas Kapolres.

Dalam pengamanan tersebut Polres Lamteng membagi wilayah menjadi tiga Rayon, yaitu Rayon A wilayah Barat dipimpin Kabag Sumda, Rayon B wilayah Tengah dipimpin Kabag Ops, dan Rayon C wilayah Timur dipimpin Kabag Ren. Selanjutnya disiagakan juga perwira pengendali kecamatan serta pengendali TPS.

Kapolres menambahkan, tugas mengamankan penyelenggaraan Pemilu adalah kehormatan dan kebanggaan karena sama nilainya dengan menjaga keutuhan bangsa atau menjamin terwujudnya keutuhan dan ketertiban masyarakat.

"Untuk itu kepada seluruh prajurit yang dilibatkan agar melaksanakan tugas ini dengan penuh dedikasi dan rasa tanggung jawab,"kata Kapolres

Dalam apel tersebut Kapolres menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani bersama dalam melaksanakan tugas pengamanan pemilu 2019 sebagai berikut.

Pertama, H-1 pemungutan suara seluruh personel Pam TPS sudah diapelkan di Polsek dan dipertemukan dengan Linmas, Perwira dan berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas atau Babinsa.

Silaturahmi dengan tokoh-tokoh formal dan informal di wilayah penugasan, pengecekan lokasi TPS dengan lingkungan sekitarnya.

Melakukan pengecekan tempat penyimpanan kotak suara, pengecekan sarana transportasi pengangkut kotak suara serta koordinasikan dengan petugas KPPS tentang segala persiapan di TPS, mengaktifkan siskamling guna menjaga TPS, memberikan himbauan dan melarang warga peserta pemilu untuk tidak membawa senjata tajam atau barang yang berbahaya.

"Bila ada gangguan keamanan di TPS agar berkoordinasi dengan KPPS dan segera melaporkan ke Polsek jika memerlukan bantuan, jalin sinergitas antara unsure pemerintah, TNI-POLRI dan komponen masyarakat guna mewujudkan keamanan dan kelancaran pelaksanaan tugas, kerkoordinasi dengan Toga,Todat, Toda serta Tomas untuk memberikan rasa tenang sehingga masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dengan aman,"demikian Kapolres (SB-11)

#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong