Logo Saibumi

3 Prinsip Polda Lampung untuk Pemilu Aman Damai dan Sejuk

3 Prinsip Polda Lampung untuk Pemilu Aman Damai dan Sejuk

Apel Pergeseran Pasukan di Lapangan Korpri Provinsi Lampung | Siska/Saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung -Pemilu merupakan hajatan Politik dan pesta demokrasi bersama seluruh elemen bangsa Indonesia, oleh karena itu kita semua bertanggung jawab terselenggaranya Pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk.

Untuk itu Polda Lampung menerapkan 3 prinsip utama pemilu yakni, pam pemilu yang mantap, Gakkum pemilu yang profesional dan ketiga sukses pemilu yang kita idamkan.

"Untuk terwujudnya 3 prinsip utama tersebut didukung dengan 3 upaya yakni 3P, Proaktif, Partnership dan Problem Solving," ujar Kapolda Lampung Irjend Pol Drs. Purwadi Arianto, M.Si, dalam sambutan Apel Pergeseran Pasukan, Sabtu 14 April 2019, di Lapangan Korpri Provinsi Lampung pukul 08.00Wib.

Dalam hal ini, Kapolda Lampung menekankan kepada seluruh personel TNI dan Polri untuk menyiapkan fisik dan mental dengan dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi, sehingga dapat menampilkan jati diri TNI-POLRI, serta bersikap netral dalam pelaksanaan pemilu.

"Pedomani aturan perundang-undangan serta SOP pengamanan di TPS," kata dia

Dan, lanjutnya, sesampainya di Polres/ Polsek jajaran agar segera melakukan koordinasi dengan Kapolres maupun Kapolsek untuk mengetahui benar-benar situasi dan kondisi di masing-masing TPS yang menjadi tanggung jawab personel pengamanan.

"Begitu pula, Ketika di TPS segera melakukan koordinasi dengan KPPS masing-masing dan ketahui benar perangkat petugas TPS serta mengamankan dan mengawal surat suara tang belum tiba di TPS," jelasnya.

Aparat juga ditugakan untuk memberikan pengawalan terhadap kotak suara maupun surat suara yang sudah selesai direkap di TPS dan pastikan logistik pemilu tersebut aman sampai di PPK dan dilakukan pengamanan lanjut oleh personel Polres dan Polsek setempat

"Hindari pelanggaran maupun penyimpangan yang dilakukan oleh personel TNI-POLRI. Dan, maksimalkan penggunaan Handy Talki (HT) untuk kecepatan informasi dan permohonan bantuan kepada Kapolres/ Kapolsek terdekat bila ada kejadian yang perlu penanganan segera," pungkasnya.

Apel pergeseran pasukan ini dihadiri Wakapolda Lampung Brigjend Pol Teddy Minahasa, Danrem 043 Gatam, Danlanal Lampung, Danbrigif 4 Marinir/ BS, Danlanud Pangeran M. Bun Yamin, Pejabat Utama Polda Lampung dan seluruh Personel Pergeseran Pasukan BKO Polres Jajaran dalam rangka Pam TPS tahun 2019.(SB13)

#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong