Logo Saibumi

Hewan Ternak Meriahkan Upacara Penutupan Latihan UNPD/UNPK Beruang Hitam

Hewan Ternak Meriahkan Upacara Penutupan Latihan UNPD/UNPK Beruang Hitam

Foto: Istimewa

Saibumi.com, Pesawaran - 'Bapak Beruang' berulah lagi. Kali ini di Bhumi Marinir Batu Menyan, Pesawaran, Lampung.

Bapak Beruang adalah sebutan untuk orang nomor satu di jajaran Yonif 9 Marinir/Beruang Hitam, Letkol Marinir Syamsul Bahri,M.Tr.Hanla.

Dia menghadirkan kambing, entok, ayam dan bebek, pada upacara penutupan Latihan UNPD/UNPK TW I TA 2019, Selasa, 2 April 2019.

UNPD/UNPK yang dikemas dalam perlombaan antar Kompi Yonif 9 Marinir ini dilaksankan dengan materi LPD (Latihan Perorangan Dasar) pilihan, diantaranya menembak Centre Fire 3 sikap, Renang Laut tanpa alat bantu menembus arus dan gelombang, Dayung Perahu Karet di laut lepas dengan rintangan ombak dan gelombang pasang, Beladiri Karate kelas Kata Beregu dan Kumite perorangan, dan lain-lain.

Pada dasarnya, seluruh materi lomba merupakan kemampuan yang wajib dimiliki oleh setiap prajurit, khususnya prajurit Beruang Hitam.

Danyonif 9 Mar mengungkapkan, latihan ini sengaja dikemas dalam wujud perlombaan agar dari masing-masing Kompi dapat berkompetisi dengan sportif, untuk meraih prestasi sebagai Kompi Teladan.

"Juga merupakan pengujian terhadap kemampuan, ketrampilan dan pengetahuan serta ketahanan fisik perorangan prajurit Yonif 9 Mar, yang dilaksanakan pada TW 1, sehingga diperoleh data perorangan untuk pembinaan prajurit selanjutnya," ujar Letkol Syamsul, dalam siaran pers yang diterima Saibumi.com.

Melalui latihan ini, diharapkan setiap prajurit mengetahui standard kemampuan perorangan, yang nantinya dapat menjadi modal dalam meningkatkan kemampuan di medan penugasan yang akan datang.

"Juga sebagai tolok ukur pembinaan latihan di lingkungan Yonif 9 Mar demi tercapainya kemampuan standard yang diharapkan," kata Letkol Syamsul.

Adapun goal dari perlombaan antarkompi ini akan terbentuk bibit Tim Binsat Yonif 9 Marinir yang siap berlaga dan juara satu di ajang Binsat tingkat Korps Marinir tahun 2019.

Dedikasi, semangat dan loyalitas tinggi dari para peserta latihan yang ditunjukkan dalam latihan ini adalah salah satu bentuk pengabdian kepada satuan, sekaligus pertanggung jawaban TNI kepada bangsa dan negara, yang telah memberikan perhatian bagi kemajuan TNI, khususnya di jajaran Korps Marinir.

"Selanjutnya, mari kita laksanakan konsolidasi dengan bersama mengevaluasi secara rinci, kritis dan tajam guna mendapatkan perspektif yang lebih luas bagi kepentingan penyempurnaan doktrin, strategi, taktik, teknik dan prosedur latihan,” imbau 'Bapak Beruang', saat menyerahkan hadiah, tropi serta umbul-umbul kebanggaan “Kompi Teladan”.

Juara pertama diraih Kompi Senapan Gorilla, juara kedua Kompi Senapan Jaguar, juara ketiga Kompi Senapan Harimau dan juara keempat Kompi Markas.

Sedangkan untuk juara perorangan, Menembak diraih Kopda Marinir Dadi Priyanto (Kipan G), dan Renang Laut oleh Pratu Marinir Sefril Dani (Kipan G).

Di penghujung acara, diserahkan juga hadiah bagi pemenang Lomba Kompi Teladan berupa kambing, entok, ayam dan bebek, sebagai hadiah hiburan yang bisa dikembangkan oleh kompi-kompi sebagai hewan ternak ataupun hidangan makan siang bersama prajurit. (*/SB-03)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong