Logo Saibumi

Yusril Hakim, Tokoh dan Pejuang Status Polda Lampung Meninggal Dunia

Yusril Hakim, Tokoh dan Pejuang Status Polda Lampung Meninggal Dunia

Yusril Hakim Yohansyah | Foto: Istimewa

Saibumi.com, Lampung – Innalillahi wa innailaihi roojiuun, Lampung kembali kehilangan tokohnya.

Yusril Hakim Yohansyah meninggal dunia di Ruang ICU Rumah Sakit Graha Husada, Jalan Gajah Mada, Tanjung Karang Timur, Selasa (26/3/2019), sekira pukul 09.55 WIB.

Mantan Tenaga Ahli Kementerian Kehutanan era Menteri Zulkifli Hasan itu telah tiga pekan dirawat inap dan sempat dikabarkan koma.

Almarhum yang merupakan pensiunan polisi dengan pangkat terakhir Komisaris Besar (Kombes) ini disemayamkan di rumah duka Jalan Putri Balau, Gang Prajurit I Nomor 11, Kelurahan Tanjung Baru, Kedamaian, Bandar Lampung.

Belum didapat informasi dimana mendiang yang juga calon anggota legislatif (Caleg) DPRD Kota Bandar Lampung dari Partai Amanat Nasional (PAN) Dapil 5 meliputi Kecamatan Panjang, Bumi Waras, dan Kedamaian pada Pemilu 2019 ini akan dimakamkan.

Bukan hanya keluarga besarnya, dan jajaran Polda Lampung tempat terakhirnya bertugas dengan jabatan Direktur Sarana Prasarana (Dirsarpras) sebelum purnabakti, yang kehilangan.

Dari pantauan di berbagai grup media sosial dan aplikasi WhatsApp, juga banyak tokoh Lampung turut menghaturkan belasungkawa atas kepulangan Docik, sapaan akrab Yusril.

“Innalillahi wa innailaihi roojiuun. Semoga husnul khotimah, dan amal ibadah diterima Allah SWT,” ucap Ketua Himpunan Pemuda Lampung (Himpala) Zuli Hendriyanto, dilansir saburai.co.id.

Almarhum bisa disebut salah satu aktor 'tangan dingin' dibalik sukses hasil proses kreatif percepatan status penaikan Polda Lampung, yang puncaknya pada 29 Oktober 2016, saat Irwasum Mabes Polri (saat itu) Komjenpol Dwi Priyatno mengukuhkan Polda Lampung jadi tipe A, pascaterbit SK Menpan-RB No.B/3/08/M.PanRB/9/2016 tanggal 19 September 2016 tentang susunan organisasi dan tata cara kerja Polri, terkait peningkatan status Polda Lampung dari tipe B ke tipe A dengan jenjang kepangkatan Kapolda bintang dua dan Wakapolda berbintang satu.

“Alhamdulillah, perjuangan saya selama 10 tahun atas ridho Allah terkabul sejak hari ini, Polda Lampung statusnya jadi tipe A,” ujar Yusril Hakim merasa haru dan bangga, akhir Agustus 2016 silam.

Mewakili keluarga, kakak almarhum yang juga staf ahli Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Nuril Hakim Yohansyah, memohon maaf kepada publik.

“Apabila almarhum mempunyai kesalahan, mohon dimaafkan segala kesalahannya. Semoga Allah mengampuni segala dosa-dosa, diterima amal kebajikannya serta beliau husnul khotimah berada dalam eden Firdaus atas amal dan perbuatan baiknya. Aamiin allahuma Aamiin yaa Rabb kami,” ucap Udo, sapaan akrabnya.

Selamat jalan Docik… (*/SB-03)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong