Logo Saibumi

Loekman: Jangan Ada Perselisihan Suku-Agama, Kita Semua Saudara

Loekman: Jangan Ada Perselisihan Suku-Agama, Kita Semua Saudara

Bupati Lamteng, Loekman Djoyosoemarto, gotong royong merenovasi fisik bangunan korban bentrok beberapa waktu lalu. | Foto: Sansurya/Saibumi.com

Saibumi.com, Lampung Tengah - Bupati Lampung Tengah (Lamteng) Loekman Djoyosoemarto meminta seluruh elemen masyarakat dapat menjaga situasi kondusif di wilayahnya masing-masing.

Hal ini diungkapkannya saat melakukan renovasi fisik beberapa bangunan di Kampung Bumi Ratu yang menjadi korban, pasca terjadinya bentrok.

Bupati juga menghimbau, apabila terjadi perselisihan di antara warga, hendaknya diselesaikan secara musyawarah mufakat, jangan menggunakan kekerasan.

"Jangan ada lagi perselisihan yang membawa-bawa suku dan agama. Kita semua bersaudara. Kita semua masyarakat Lamteng. Bila ada masalah, selesaikan secara musyawarah mufakat," ujar Loekman, Sabtu, 23 Maret 2019.

Jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Tengah (Lamteng) bersama aparat Kepolisian Resort (Polres) dan Kodim 0411, serta Satbrimob Gunung Sugih, bergotong-royong merenovasi fisik bangunan.

Hal itu dilakukan pasca terjadinya perselisihan paham yang berbuntut terjadinya bentrok antara dua kelompak warga, di Kampung Bumi Ratu, Kecamatan Bumi Ratu Nuban, baru-baru ini.

Bupati Lampung Tengah, Loekman Djoyosoemarto, mengungkapkan, kegiatan renovasi fisik ini merupakan hasil dari keputusan rapat jajaran Forkopimda.

"Hari ini kita bersama jajaran forkopimda melakukan renovasi rumah yang menjadi korban selisih faham beberapa waktu lalu," ujar Loekman, di kediaman salah korban yang rumah terbakar, Yusuf Sukardi, Sabtu, 23 Maret 2019.

Bupati menerangkan, ada lima bangunan yang dilakukan renovasi fisik. Melalui pembangunan ini diharapkan dapat meredam amarah ataupun dendam dua kelompok masyarakat yang sebelumnya bertikai.

"Saya harapkan mulai hari kita harus saling menjaga keutuhan, dan kedamaian antara kita," imbau Loekman.

Bupati juga meminta, agar ke depan hal serupa tidak terjadi lagi di Lampung Tengah. Apabila terjadi perselisihan di antara warga, lanjut Loekman, selesaikan secara musyawarah mufakat.

Sementara salah satu warga lainnya yang rumahnya juga direnovasi, Ester, mengucapkan terimakasih. Dia juga berharap hal serupa tidak terjadi lagi di Lamteng, khususnya di Kampung Bumi Ratu.

"Saya ucapkan terimakasih kepada pak bupati. Harapan saya ke depan kami bisa hidup berdampingan dan saling membantu," tuturnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas PUPR Lampung Tengah, Rudianta, menambahkan, renovasi ini dilakukan secara bertahap.

"Yang pasti kita renovasi fisik sampai bangunan bisa ditempati kembali," terang dia. (SB-11)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong