Logo Saibumi

Pembobol ATM di Lampung Walk Mengaku Sudah Tiga Kali Beraksi

Pembobol ATM di Lampung Walk Mengaku Sudah Tiga Kali Beraksi

Ekspose Polsek Sukarame, Selasa, 19 Maret 2019 | Siska/Saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung - Dua pelaku pembobolan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) City Bank di Lampung Walk, pada Rabu, 6 Maret 2019 lalu tengah mendekam di Kepolisian Sektor (Polsek) Sukarame. Menurut pemeriksaan, tersangka sudah melakukan aksinya sebanyak tiga kali.

Pelaku yang diketahui bernama Suhaepi (28) warga Kota Agung dan Mediansyah (24) warga Tulang Bawang itu dijerat dalam Pasal 363 KUHP Pidana dengan ancaman maksimal 7 tahun penjara.

BACA JUGA: Modus Test Ride, TNI Gadungan Bawa Kabur Motor Warga Bandar Lampung

"Kronoligi kejadian, pada saat kedua pelaku melakukan aksinya. Ada seorang nasabah bank disekitar merasa curiga, kemudian melaporkan kepada security di sekitar ATM tersebut. Security kemudian menghampiri pelaku, kemudian  keduanya reflek melarikan diri," jelas Kanit Reserse Kriminal Polsek Sukarame Ipda Bustomi Dendy didampingi Humas Polresta Bandarlampung  AKP Titin Maezuna, Selasa, 19 Maret 2019.

Kemudian, ujar kanit, salah satu dari kedua pelaku berhasil di pegang security sementara yang satunya lagi berusaha lari, " Ada anggota Polsek Sukarame yang melakukan patroli kebetulan melintas disekitar TKP mendengar teriakan maling. Lalu anggota melakukan pengejaran, akhirnya keduanya berhasil diamankan," ungkapnya.

Dari hasil pemeriksaan, kedua pelaku sudah melakukan pembobolan di beberapa provinsi, untuk di Bandar Lampung baru diketahui tiga lokasi yang pernah menjadi sasaran yakni, Jalan Kartini, Chandra Tanjungkarang dan Lampung Walk. Dalam sekali melakukan pembobolan ATM pelaku mendapati uang senilai Rp 1,5 juta.

 "Untuk sekali transaksi di satu atm pelaku mendapat senilai Rp1,5 juta. Tapi yang kita temukan dari tangan pelaku hanya ada Rp600 ribu. Sebab, pada saat dilakukan pengejaran pelaku ini menghamburkan uangnya untuk mengalihkan petugas yang mengejar," jelasnya.

Dalam ekpose yang digelar Polsek Sukarame, Mardiansyah mengaku, belajar membobol ATM dari Youtube. Modusnya pelaku datang membawa banyak kartu ATM, dan kabel sambung colokan beserta saklar untuk mengantikan kabel yang ada di ATM dan memanipulasi arus listrik ATM.

"Nggak ada komplotan, melakukannya cuma berdua aja. Belajar bisa membobol dari Youtube cara kerja mesin ATM selama satu bulan belajar lalu praktek. Lansung ketahuan, jadi baru sekali ini," katanya.

Berdasarkan pengakuan tersangka Suhaepi, keberangkatannya dari Kota Agung menuju Bandar Lampung sudah berniat untuk membobol sebuah ATM. "Niatnya mau maen, tapi sekalian ngambil," tutupnya.(SB-13)

BACA JUGA: Sidang Dugaan Pelanggaran KEPP KPU Pesibar Digelar di Bandar Lampung

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong