Logo Saibumi

Ketua Tim Relawan PDIP Lamteng : Bentrok Warga di Lamteng Tidak Berkaitan dengan Pemilu

Ketua Tim Relawan PDIP Lamteng : Bentrok Warga di Lamteng Tidak Berkaitan dengan Pemilu

Ketua Tim Relawan PDIP Lamteng A. Rahman | Ist

Saibumi.com,Lampung Tengah- Ketua Tim Relawan PDIP Lamteng A. Rahman megatakan, bentrok antar dua kelompok warga di Kampung Bumiratu, Kecamatan Bumiratu Nuban Lampung Tengah (Lamteng) yang terjadi Jumat dini hari 15 Maret 2019 tidak ada kaitannya dengan Pemilihan Umum (Pemilu) yang sebentar lagi akan dilaksanakan.

"Peristiwa ini tidak ada hubungannya dengan politik. Ini murni karna ada kesalah pahaman saja,"kata Rahman saat meninjau lokasi di Kampung Bumiratu, Jumat 15 Maret 2019.

Rahman menyayangkan bentrok tersebut terjadi. Seharusnya, masyarakat tidak mudah terpancing dan terprovokasi dengan isu dan berita yang belum tentu kebenarannya.

"Saya harap peristiwa ini tidak terulang kembali di Bumi Lampung Tengah ini,"ujar Rahman.

Langkah cepat dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamteng bersama aparat Kepolisian dan juga TNI untuk menyikapi teradinya bentrok antar dua kelompok warga di Kampung Bumiratu, Kecamatan Bumiratu Nuban yang terjadi Jumat dini hari.

Di komplek rumah dinas Bupati, kedua belah pihak yang terlibat akhirnya melakukan rekonsiliasi perdamaian, Jumat 15 Maret 2019. Dihadapan Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto, Kapolres Lamteng AKBP I Made Rasma, dan Dandim 0411 Lamteng Letkol C,Zi Burhanudin kedua belah pihak melakukan penandatanganan perdamaian.

Renkonsiliasi Penanda tanganan perdamaian diwakili oleh Tokoh masyarakat Bumiratu, Nawawi didampingi, Kepala Kampung Bumi Ratu M Yusuf  serta dari pihak Pambers Diminyati (ketua) didampingi oleh H Umar.

"Saya berharap kedepan semoga tidak akan terjadi lagi perselisihan diwilayah Lampung Tengah, semoga Lampung Aman damai dan Kondusif,"kata Bupati Loekman.

Dalam rilis yang diterima Saibumi.com sedikitnya ada empat poin penting yang menjadi acuan kedua belah pihak. Poin-poin itu ialah,

1. Kedua belah pihak sepakat tidak akan melakukan tindakan pembalasan atau saling serang dan tindakan anarkis lain yang dapat memicu timbulnya bentrok antar warga.

2. Menyerahkan sepenuhnya proses penyelesaian tindak pidana yang terjadi sesuai aturan hukum yang berlaku kepada aparat penegak hukum dan akan menerima apapun hasil keputusannya.

3. Sepakat tidak akan melakukan pengerahan massa dalam penyelesaian permasalahan dan lebih mengedepankan proses musyawarah dan mufakat, serta akan menjalin persaudaraan atau mempererat tali persaudaraan.

4. Agar kedua belah pihak mensosialiasikan hasil kesepakatan perdamaian kepada masyarakatnya serta dengan adanya perdaiaman ini semoga tidak akan terjadi lagi perselisihan diwilayah Lampung Tengah, semoga Lampung Aman damai dan Kondusif.

Diberitakan sebelumnya, bentrok antar kelompok warga terjadi di Kampung Bumi Ratu, Kecamatan Bumiratu Nuban, Lamteng Jumat malam 15 Maret 2019. Bentrok diduga buntut dari perkelahian antara warga Dusun Kebagusan luar dengan warga Dusun I bernama Alwi yang terjadi pada 3 Seftember 2018 lalu. 

Dalam kejadian itu, Alwi meninggal dunia akibat tusukan benda tajam. Sementara dari warga Dusun Kebagusan Luar, Yusuf dan Gidon ditetapkan sebagai tersangka. Yusuf dan Gidon oleh pengadilan telah dijatuhi vonis hukuman penjara. Yusuf di ganjar 7 tahun dan Gidon 3 tahun penjara. 

Sementara informasi yang dihimpun bentrok kembali pecah dikarenakan pihak keluarga tersangka (Yusuf dan Gidon)  dari Paguyuban Panbers Lamteng meras tidak puas dengan pelaku pembakaran rumah Sukarji yang sampai saat ini belum juga ditangkap oleh pihak Polres Lamteng."Tadi malam jam 1 tejadinya (bentrok),"kata aparat Kepolisian dilokasi yang enggan disebutkan namanya.

Data yang dihimpun dilokasi sedikitnya ada 4 rumah terbakar atas peristiwa ini. (*/SB-11)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong