Logo Saibumi

Bentrok Antar-Warga Pecah di Lampung Tengah, Empat Rumah Terbakar

Bentrok Antar-Warga Pecah di Lampung Tengah, Empat Rumah Terbakar

Foto: Sansurya/Saibumi.com

Saibumi.com, Lampung Tengah - Bentrok antarkelompok warga terjadi di Kampung Bumi Ratu, Kecamatan Bumi Ratu Nuban, Lampung Tengah (Lamteng) Jumat, 15 Maret 2019, sekira pukul 01.00 WIB.

Penyebab bentrok diduga buntut dari perkelahian antara warga Dusun Kebagusan Luar dengan warga Dusun I bernama Alwi, yang terjadi pada 3 September 2018, lalu. 

Dalam kejadian itu, Alwi meninggal dunia akibat tusukan benda tajam. Sementara dari warga Dusun Kebagusan Luar, Yusuf dan Gidon ditetapkan sebagai tersangka.

Yusuf dan Gidon oleh pengadilan telah dijatuhi vonis hukuman penjara. Yusuf di ganjar tujuh tahun dan Gidon tiga tahun penjara. 

Sementara informasi yang dihimpun, bentrok kembali pecah dikarenakan pihak keluarga tersangka (Yusuf dan Gidon) dari Paguyuban Panbers Lamteng merasa tidak puas, dengan pelaku pembakaran rumah Sukarji yang sampai saat ini belum juga ditangkap oleh pihak Polres Lamteng.

"Tadi malam jam satu terjadinya (bentrok)," kata seorang petugas kepolisian di lokasi, yang enggan ditulis namanya.

Data yang dihimpun di lokasi, sedikitnya empat rumah terbakar atas peristiwa ini. Saat ini aparat Kepolisian Polres Lamteng dan TNI berjaga diseputaran tempat kejadian perkara.

Nampak pula sejumalah pejabat dari Pemkab Lamteng mulai mendatangi lokasi.

Pemkab Lampung Tengah menyatakan akan menginvetarisir kerugian akibat dari bentrok antarkelompok warga di Kampung Bumi Ratu, Kecamatan Bumi Ratu Nuban.

Sedikitnya ada empat rumah yang terbakar akibat peristiwa yang terjadi Kamis malam tersebut.

"Tadi sudah diinventarisir kerugian terkait permasalahan ini," kata Bupati Lamteng, Loekman Djoyosoemarto, Jumat pagi.

Namun demikian, lanjut dia, hal yang terpenting terkait masalah ini adalah menangani psikologis terkait dampak dari kejadian tersebut.

"Yang kita tangani justru bukan itu (kerusakan). Kalau masalah kerugian materil ini gampang, bisa dihitung dan ada aturannya untuk memberikan bantuan. Saat ini yang terpenting bagaimana kita mengatasi psikologis masyarakat Bumi Ratu atas kejadian ini," ujar Loekman. (SB-11)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong