Logo Saibumi

SDM Startup E-Commerce: Pengalaman Minimalis, Gaji Fantastis!

SDM Startup E-Commerce: Pengalaman Minimalis, Gaji Fantastis!

Foto: Ilustrasi/Istimewa

Saibumi.com, Lampung - Perusahaan rintisan (startup) e-commerce di Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat cepat.

Namun pertumbuhan itu tidak diimbangi dengan ketersediaan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni.

"Banyak sekali orang-orang dengan pengalaman minim tapi gajinya sudah tingginya luar biasa," ujar Ketua Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) Ignatius Untung, dalam sesi wawancara di Jakarta, Rabu, 13 Maret 2019, dilansir CNBC Indonesia, Jumat, 15 Maret 2019.

Hal itu disebabkan minimnya SDM yang berpengalaman di industri e-commerce, yang masih teramat belia di Indonesia.

Ignasius menjelaskan, ramai-ramai industri e-commerce dimulai pada 2012 dan seluruh bagiaa berjalan terlalu cepat, tetapi tidak pernah diukur. Maka dari itu perusahaan hanya memiliki ukuran masing-masing.

"Mencari SDM dengan pengalaman lebih dari 10 tahun itu hampir mustahil. Jika ada, itu yang levelnya mungkin sudah jadi founder atau sudah benar-benar top level, sudah C level, atau kalau nggak mereka punya pengalaman dari luar negeri," kata Ignatius.

Sebagai contoh, Product Manager. Tenaga ahli ini bisa digaji Rp 25 juta per bulan pada awalnya. Kemudian setiap tahun gaji meningkat.

Lalu Software Engineering. Untuk tahap awal atau baru lulus kuliah akan digaji Rp 5 juta per bulan. Setahun kemudian kenaikan gaji bisa mencapai Rp 7 juta.

Ignatius menambahkan jenjang karir di e-commerce untuk bisa menjadi Chief Technology Officer (CTO) harus dimulai dari Software Engineering Junior, kemudian naik menjadi Software Engineering Senior, setelahnya baru menjadi CTO.

Sedangkan untuk menjadi Product Manager, jenjang kariernya adalah Product Ecxecutive. Gaji awalnya Rp 7 juta per bulan. Kemudian menjadi Product Manager, dan akhirnya Chief Product Officer (CPO).

"Untuk jadi Product Manager dibutuhkan waktu dua tahun. Pas jadi manajer gajinya Rp 25 juta. Kalau bagian data gajinya mirip Software Engineer," kata Ignatius.

Namun, jika dilihat dari sisi lain, semakin banyak SDM yang tersedia, maka gaji fantastis untuk posisi-posisi tersebut juga bisa terkena dampak.

Semakin banyak SDM yang kompeten akan menyebabkan kelangkaan itu hilang dan gaji pun akan berkurang atau minimum stagnan. (*/SB-03)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong