Logo Saibumi

Sanksi Tak Beri Efek Jera, DPRD Lamteng Rancang Perda Orgen Tunggal

Sanksi Tak Beri Efek Jera, DPRD Lamteng Rancang Perda Orgen Tunggal

Ketua Komisi I DPRD Lampung Tengah, Jahri Efendi. | Foto: Sansurya/Saibumi.com

Saibumi.com, Lampung - Komisi I DPRD Lampung Tengah (Lamteng) berencana akan merancang peraturan daerah (Perda) terkait jam operasional hiburan orgen tunggal.

Ketua Komisi I DPRD Lamteng, Jahri Efendi, mengatakan, perda ini untuk memberi efek jera terhadap pemilik dan pengguna hiburan orgen tunggal. 

Menurutnya, dalam hiburan orgen tunggal kerap menjadi celah masuknya narkoba yang menimbulkan kriminalitas.

"Atas dasar ini kita (DPRD) menginisiasi terbitnya peraturan daerah sebagai payung hukum pencegahan," ujarnya, Kamis, 14 Maret 2019.

Jahri mengatakan, penyusunan perda ini dikarenakan peraturan bupati (Perbup) yang sudah ada tidak bisa menindak pelanggaran dengan sanksi pidana dan denda.

Dijelaskan, saat ini perbup terkait jam operasional hiburan orgen tunggal memang sudah ada. Namun menurutnya perbup itu tidak memberi efek jera, karena saknsi yang diberikan hanya administratif. 

Dalam Perbup itu diatur jam operasional orgen tunggal yakni sampai pukul 18.00 WIB. Namun, karena tidak adanya sanksi tegas, mengakibatkan banyak penyelenggaraan hiburan malam yang melanggar.

"Sanksi di perbup hanya administratif. Ini kami rasa tidak memberikan efek jera bagi pemilik usaha atau pengguna hiburan tersebut," ungkap Jahri.

Sementara dalam perda ini, pemilik hiburan dan pengguna hiburan orgen tungal yang menyalahi aturan akan dikenakan sanksi.

Pengguna hiburan yang melanggar akan dikenakan sanksi pidana dan juga denda.

"Pengguna hiburan akan dikenakan denda Rp 50 juta dan pidana tiga bulan kurungan penjara. Bagi pemilik acara orgen tunggal, nantinya alat orgen akan disita dan izin usahanya akan dibekukan," terang Jahri.

Saat ini, penyusunan perda akan diupayakan dan Juni mendatang sudah diparipurnakan. Sebelumnya, DPRD akan melakukan ujicoba penerapan di sejumlah kecamatan di Lampung Tengah. (SB-11)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong