Logo Saibumi

Dugaan Pelanggaran Caleg DPR di Lamtim Tak Penuhi Delik Materil-Formil

Dugaan Pelanggaran Caleg DPR di Lamtim Tak Penuhi Delik Materil-Formil

Kantor Sentra Gakkumdu Lampung Timur | Foto: Nurman/Saibumi.com

Saibumi.com, Lampung Timur - Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Lampung Timur (Lamtim) memutuskan calon anggota legislatif (Caleg) DPR RI, Aziz Syamsuddin, tidak memenuhi pelanggaran pidana dugaan politik uang.

Menurut Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Lamtim, Winarto, Sentra Gakkumdu sudah melaksanakan pembahasan kedua.

"Kami membahasnya di Gakkumdu pada empat hari kemarin dengan melibatkan semua pihak," kata dia kepada Saibumi.com, Rabu, 13 Maret 2019.

Kemudian, setelah meminta keterangan pelapor, saksi, terlapor dan saksi ahli Hukum Pidana Universitas Lampung, Dr. Edi Rifai, dan telah dilakukan pemeriksaan dalam klarifikasi pada tahap proses penyelidikan, bahwa kegiatan tersebut bukan kampanye, melainkan silaturahmi Relawan Aziz Syamsuddin (RAS).

"Terdapat kekurangan pemenuhan delik materil dan formil dalam ketentuan pasal 523 Jo Pasal 280 ayat 1 huruf J UU 7 tahun 2019, sehingga perkara tersebut tidak terpenuhi dan tidak dapat dilanjutkan ke tahap penyelidikan," kata Winarto.

Untuk diketahui, berdasarkan informasi seorang warga yang disampaikan kepada Panwascam Waway Karya, caleg DPR RI itu diduga membagikan amplop berisi uang Rp50 ribu kepada peserta silaturahmi, di Lapangan Bulutangkis milik Yunus, Pengurus Partai Golkar Kecamatan Waway Karya, di Desa Sumber Rejo, Kecamatan Waway Karya, 17 Februari 2019, lalu.

Dari hasil investigasi panwascam, RAS yang hadir diberikan uang Rp 50 ribu, dengan alasan pengganti uang bensin. Pembagian uang dilakukan setelah caleg tersebut pulang. (SB-08)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong