Logo Saibumi

Herman HN: Kepala OPD Harus Inovatif Gali Potensi Sumber Pembiayaan

Herman HN: Kepala OPD Harus Inovatif Gali Potensi Sumber Pembiayaan

Asisten III Bidang Administrasi Umum Bandar Lampung, Syaprodi, saat Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Bandar Lampung Tahun 2020, Selasa, 12 Maret 2019. | Foto: Deki/Saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung menggelar Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2020, Selasa, 12 Maret 2019.

Kegiatan yang dilaksanakan di Lantai 4, Gedung Semergou, Komplek Pemkot Bandar Lampung ini dibuka Wali Kota Bandar Lampung, Herman H.N, yang diwakili Asisten III Bidang Administrasi Umum, Syaprodi.

Hadir Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bandar Lampung, Khaidar Mansyah sebagai ketua pelaksana kegiatan forum, dan Wakil Ketua DPRD Kota Bandar Lampung, Hamrin Sugandi.

Kegiatan tersebut diselenggarakan selama dua hari hingga Rabu, 13 Maret 2019.

Dalam sambutan yang dibacakan Syaprodi, wali kota mengungkapkan kegiatan RKPD ini bertujuan untuk mensinergikan berbagai urusan yang menjadi tugas dan tanggungjawab masing-masing perangkat daerah.

”Diperlukan koordinasi untuk mensingkronisasikan dan mengharmonisasikan berbagai urusan yang menjadi tugas dan tanggungjawab masing-masing perangkat daerah, yang nantinya akan termuat dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2020,” ujarnya.

Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah, lanjut Syaprodi, merupakan wadah bersama antara pelaku pembangunan, sebagai perwujudan dari pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah.

"Yang bertujuan untuk mensinkronkan prioritas kegiatan pembangunan hasil Musrenbang Kecamatan dengan rancangan Rencana Kerja Organisasi Perangkat Daerah (Renja OPD) dan menetapkan prioritas kegiatan yang akan dimuat dalam Renja OPD Kota Bandar Lampung," jelasnya.

Syaprodi juga menyampaikan, wali kota mengharapakan kepada para kepala OPD Kota Bandar Lampung agar betul-betul memperhatikan hasil-hasil Musrenbang tingkat kelurahan maupun Kecamatan.

"Sehingga nantinya dapat menyerap dan mengalokasikan program kegiatan secara proporsional sesuai dengan kebutuhan Kecamatan atau Kelurahan," kata dia.

Selanjutnya, singkronisasi program dan kegiatan antar OPD yang harus dilaksankan oleh lebih dari satu OPD dalam mencapai sasaran pembangunan yang diterapkan.

Selain itu, lanjut Syaprodi, dengan keterbatasan kemampuan keuangan daerah, semua harus dapat menyikapi permasalahan ini, dengan menyusun rencana kerja OPD komperehensif, memanfaatkan anggaran yang tersedia secara optimal, efisien, dan efektif.

”Para kepala OPD Kota Bandar Lampung harus punya inovasi dalam menggali dan memanfaatkan segala potensi sumber pembiayaan, baik melalui APBN maupun swasta dan masyarakat,” imbaunya. (SB-12)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong