Logo Saibumi

Kunker ke Seputih Surabaya, Bupati Lamteng Ajak Budayakan Gotong-royong

Kunker ke Seputih Surabaya, Bupati Lamteng Ajak Budayakan Gotong-royong

Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto (pegang mikrofon) sedang memberikan pengarahan kepada Linmas saat gotong-royong di Kecamatan Seputih Surabaya. | Foto: Istimewa

Saibumi.com, Lampung Tengah - Bupati Lampung Tengah (Lamteng) Loekman Djoyosoemarto melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kecamatan Seputih Surabaya, Kamis 14 Februari 2019.

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan ditempat itu ialah gotong-royong bersama masyarakat.

Gotong-royong berlangsung di Kampung Sumber Katon dengan  kegiatan membuat jalan tembus penghubung Dusun 3 A dan Dusun 2.

Bupati langsung memimpin gotong-royong dengan menurunkan alat berat milik Dinas PU Bina Marga Lamteng.

Sebelumnya gotong-royong dimulai, Loekman menyampaikan apresiasinya terhadap antusias warga di Kampung Sumber Katon.

"Saya bangga sekali dengan kekompakan yang diperlihatkan warga Sumber Katon," ujar bupati.

Menurut Loekman, kekompakan masyarakat dalam bergotong-royong harus dijaga terus-menerus.

"Jangan sampai hanya ada bupati saja baru gotong-royong. Tetapi harus dilakukan terus-menerus," imbau bupati.

Menurut Loekman, gotong-royong adalah budaya asli bangsa Indonesia.

"Sebagai warga kita harus membudayakan leluhur kita yang sudah turun temurun, yaitu semangat gotong-royong," jelas bupati.

Apalagi, lanjut dia, saat ini semangat gotong-royong di tengah masyarakat sudah mulai pudar, jauh berbeda dengan zaman dahulu.

"Kalau dulu kakam (kepala kampung) nabuh kentongan, masyarakat sudah berbondong-bondong datang mellaksanakan gotong royong. Tapi sekarang, kentongan dipukul sampai pecah pun cuma segelintir orang saja yang datang," selorohnya.

Selain menambah keakraban masyarakat, budaya gotong-royong sangat membantu pemerintah daerah memperbaiki infrastruktur yang sangat dibutuhkan masyarakat.

"Mengingat keuangan daerah kita tidak akan mencukupi jika semua mengandalkan pemerintah. Dengan semangat gotong-royong, mari kita bersama-sama membangun daerah," ajak bupati. (SB-13)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong