Logo Saibumi

Sungai Way Semangka Lambar Tergerus, Warga Minta Dinormalisasi

Sungai Way Semangka Lambar Tergerus, Warga Minta Dinormalisasi

Sungai Way Semangka di Pekon Suoh BNS yang terus tergerus saat hujan | Foto: Faria Ali/Saibumi.com

Saibumi.com, Lampung Barat - Aliran Sungai Way Semangka di Pekon Suoh, Kecamatan Bandar Negeri Suoh (BNS), Lampung Barat (Lambar) mengancam pemukiman warga, karena setiap hujan air meluap hingga tepi sungai selalu tergerus.

Pemangku Pekon Suoh yang rumahnya berada di tepi Sungai Way Semangka, Hari, mengungkapkan, warga sudah sangat khawatir dengan kondisi arus Sungai Way Semangka, karena jaraknya sudah mendekati pemukiman sekira 50 meter.

"Aliran sungai itu harus dinormalisasi sehingga tidak terjadi pendangkalan dan terus menggerus ke pemukiman. Dinormalisasi sepanjang 300 meter. Kalau sudah dilakukan, maka bisa mencegah penggerusan," kata dia, Kamis, 14 Februari 2019.

Warga berharap agar Pemkab Lambar melalui dinas terkait bisa segera melakukan normalisasi sungai, sebelum pengikisan air di Way Semangka semakin parah dan berdampak pada pemukiman warga.

"Kami sangat berharap agar normalosasi Sungai Way Semangka bisa secepatnya dilakukan, karena kami sudah resah dengan keadaannya saat ini. Kalau tetap dibiarkan rumah-rumah kami bisa ikut hanyut," kata dia.

Sementara Peratin Suoh, Najori, membenarkan jika aliran Way Semangka harus dilakukan normalisasi, karena dekat dengan pemukiman warga.

"Gerusan way semangka berada di belakang rumah warga, yang selalu berkurang jika hujan turun. Harapan kami agar dipercepat penanggulangan bencana. Segera dilakukan penalutan untuk menghindari bencana yang lebih besart dari sebelumnya," kata dia. (SB-09)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong