Logo Saibumi

Balitbang Lampung Barat Gelar FGD Literasi Daerah 2019

Balitbang Lampung Barat Gelar FGD Literasi Daerah 2019

Balitbang Lampung Barat Gelar FGD Literasi Daerah 2019 | Foto: Istimewa

Saibumi.com, Lampung Barat - Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Lampung Barat (Lambar)menggelar Focus Group Discussion (FGD) literasi daerah 2019, di Kebun Raya Liwa (KRL), Selasa, 12 Februari 2019.

Kegiatan yang dibuka Bunda Literasi Lampung Barat, Partinia Parosil Mabsus itu bertema Literasi untuk Kesejahteraan Rakyat.

Kepala Balitbang Lambar, Tri Umaryani, mengungkapkan Balitbang berfungsi memberikan input kebijakan strategis, implementasi kebijakan strategis, daerah sebagai kontrol dan fasilitator, sehingga Litbang menginisisasi FGD pembahasan strategi dan pengkajian kebijakan strategis literasi daerah.

"Kegiatan ini bertujuan untuk kemajuan daerah ini, sesuai dengan yang digaungkan bupati menjadikan 'Lambar Hebat', itu tujuan pokok serta ajang promosi dari KRL yang merupakan salah satu tempat wisata," kata dia.

Sementara itu, Bunda Literasi, Partinia Parosil Mabsus menjelaskan bahwa gerakan literasi berbasis kearifan lokal di samping sebagai upaya agar gerakan literasi lebih dinamis, variatif, dan menarik, juga untuk menunjukkan karakteristik khusus di sebuah daerah atau sekolah.

"Dalam rangka membentuk siswa yang disamping memiliki nasionalisme, juga mencintai budaya lokal. Pada Mei 2018 Lambar melounching kabupaten literasi sekaligus penyerahan bantuan mobil perpus keliling oleh perpusnas, serta sebagai pengembangan literasi berbasis kearifan lokal maka diluncurkan produk literasi berupa buku 'Sepotong Surga di Kaki Pesagi'," kata Partinia.

Selanjutnya, September 2018 Bupati Lambar mengeluarkan SK pembentukan tim Gerakan Literasi Daerah (GLD). Pada saat yang bersamaan peluncuran pekon literasi di Pekon Padang Tambak Way Tenong. Saat ini sudah terbangun 30 titik Lamban Baca 'Beguai Jejama'. yang tersebar di beberapa wilayah di Kabupaten Lambar.

"Sebagai bagian penting dari penumbuhan budi pekerti, minat baca anak perlu dipupuk sejak usia dini, mulai dari lingkungan keluarga. minat baca yang tinggi, didukung dengan ketersediaan bahan bacaan yang bermutu dan terjangkau, akan mendorong pembiasaan membaca dan menulis, baik di sekolah maupun di masyarakat," kata dia. (SB-09)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong