Logo Saibumi

Lagi, Harga Minyak Dunia Turun, Pemerintah Umumkan Formula Baru

Lagi, Harga Minyak Dunia Turun, Pemerintah Umumkan Formula Baru

Saibumi.com, Lampung - Harga minyak dunia kembali terkoreksi di perdagangan hari ini. Meski begitu, harga si emas hitam masih positif dibandingkan posisi awal tahun.

Pada Senin, 11 Februari 2019, pukul 07.41 WIB, harga minyak jenis brent turun 0,27%. Sementara light sweet berkurang 0,64%.

Sedangkan secara mingguan, harga minyak juga masih mengalami koreksi. Brent melemah 0,73% dan light sweet minus 3,76%.

Namun sejak awal tahun alias year-to-date, harga minyak masih dalam tren menanjak. Harga brent tercatat melonjak 15,24% dan light sweet meroket 15,74%.

Formula Baru

Sementara pemerintah mengumumkan formula baru penghitungan harga jual eceran jenis bahan bakar minyak (BBM) umum, Minggu, 10 Februari 2019.

Formula ini tertuang dalam Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM nomor 19 K/10/MEM/2019 dan berlaku sejak 10 Februari 2019.

Dalam kepmen tersebut ditetapkan harga jual dengan batasan margin sebagai berikut.

a. paling rendah 5% dari harga dasar,
b. paling tinggi 10% dari harga dasar.

Dasar perhitungannya yakni:

a. Untuk jenis Bensin di bawah RON 95 dan jenis Solar CN 48 dengan rumus sebagai berikut:

1. Batas bawah:
 Mean of Platts Singapore (MOPS) + Rp 952/liter + Margin (5% dari harga dasar)
2. Batas atas:
 MOPS + Rp 2.542/liter + Margin (10% dari harga dasar)

Adapun, untuk jenis Bensin RON 95, jenis Bensin RON 98, serta jenis Solar CN 51 dan ke atas ditetapkan dengan rumus sebagai berikut:

1. Batas bawah:
 MOPS + Rp 1.190/liter + Margin (5% dari harga dasar)
2. Batas atas:
 MOPS + Rp 3.178/liter + Margin (10% dari harga dasar)

Berkat adanya formula ini, harga jual dinilai akan lebih wajar. Selain itu, dengan digunakannya MOPS, harga BBM yang semula dievaluasi tiga bulan sekali kini jadi satu bulan sekali.

Syahdan, badan usaha BBM beramai-ramai melakukan perubahan pada harga jual eceran bensin mereka, seperti Pertamina, Shell, Vivo, dan lainnya.

Tidak hanya untuk BBM umum, harga BBM jenis Premium di wilayah Jawa, Madura, dan Bali juga turun mulai pada 10 Februari 2019, menyesuaikan dengan harga di luar wilayah tersebut. Harga Premium Jawa-Bali ditetapkan sebesar Rp 6.450 dari sebelumnya Rp 6.550.

"Jadi, pemerintah menetapkan harga premium Rp 6.450," kata Direktur Jenderal Migas Kementerian ESSM Djoko Siswanto dalam konferensi pers di Ruang Sarulla, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu, dilansir CNBCIndonesia.

Adapun, keputusan ini diambil di awal tahun jelang pemilihan umum presiden pada April mendatang. Namun, saat ditanya apakah kebijakan baru ini ada kaitannya dengan tahun politik, Djoko pun berkelit.

"Ini kan harga minyak pernah US$106 dolar per barel. Kalo kursnya pada saat minyak dunia hari ini, kursnya bisa separo. Tapi kan kursnya beda. Jadi itu masih bisa, menurut kami bisa turun," kata Djoko.

"Kami mengikuti logika masyarakat harga mintanya turun," tegasnya. (*/SB-01)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong