Logo Saibumi

Pemeras Modus Bantuan Sosial di Lampung Tengah Diringkus Polisi

Pemeras Modus Bantuan Sosial di Lampung Tengah Diringkus Polisi

Kasatreskrim Polres Lamteng AKP Firmansyah (paling kiri) sedang mengintreogasi pelaku pemerasan dalam bus, Heri Saputra (kemeja abu-abu) | Foto: San Surya/Saibumi.com

Saibumi.com, Lampung Tengah - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Lampung Tengah (Lamteng) mengamankan Heri Saputra (31) warga Kecamatan Terbanggi Besar, yang kerap melakukan pemerasan terhadap penumpang bus yang melintas di Jalan Lintas Tengah Sumatra, di wilayahnya.

"Tersangka kita amankan pada Jumat, 8 Februari 2019, saat sedang menjalankan aksinya di dalam bus, di seputaran Terbanggi Besar," ujar Kasat Reskrim Polres Lamteng AKP Firmansyah, Sabtu 9 Februari 2019.

Penangkapan tersangka bekerjasama dengan anggota Polsek Terbanggi Besar dan sopir bus yang kerap menjadi sasarannya.

"Kita bekerjasama dengan Polsek Tebas (Terbanggi Besar) dan juga sopir bus. Anggota melakukan pemancingan dan penyamaran, saat tersangka melakukan aksinya langsung kita amankan," jelas Firmansyah.

Menurutnya, modus yang dilakukan tersangka dengan cara membagikan karcis kepada para penumpang di dalam bus, dengan alasan sumbangan dana sosial.

Untuk satu lembar karcis penumpang diwajibkan memberi Rp 10 ribu. Apabila tidak dituruti, tersangka melakukan kekerasan dengan cara membentak dan merampas barang milik penumpang.

"Modusnya menaiki mobil yang sudah menjadi target, selanjutnya membagikan karcis kepada para penumpang dengan alasan sumbangan untuk anak jalanan," ungkap Firmansyah.

Selain tersangka, polisi juga mengamankan barang bukti berupa uang tunai Rp 394 ribu yang diduga hasil kejahatan, serta puluhan lembar karcis.

"Tersangka kita kenakan pasal 368 tentang pemerasan dengan ancaman hukuman sembilan tahun penjara," terang Firmansyah.

Sementara pelaku Heri Saputra mengaku baru empat bulan menjalankan aksinya. Dalam satu hari, Heri mengaku bisa menghasilkan uang sebanyak Rp 500 ribu, uang tersebut ia pergunakan untuk bersenang-senang.

"Satu mobil saya bisa dapat Rp 70 ribu. Sehari minimal tujuh mobil yang menjadi sasaran saya," jelasnya. (SB-13)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong