Logo Saibumi

Warga Pekon Roworejo Lambar Resah, Belasan Gajah Liar Masuk Pemukiman

Warga Pekon Roworejo Lambar Resah, Belasan Gajah Liar Masuk Pemukiman

Inilah penampakan gajah-gajah liar yang meneror warga Pekon Roworejo Suoh, Lambar | Foto: Istimewa

Saibumi.com, Lampung Barat - Sejak sepekan terakhir, warga Pekon Roworejo, Kecamatan Suoh, Lampung Barat (Lambar) merasa resah dengan munculnya belasan gajah liar di pemukiman penduduk.

Berbagai upaya sudah dilakukan warga untuk menghalaunya, namun gajah-gajah liar itu tidak beranjak dari sekitar pemukiman.

"Gajah-gajah ini datang tidak menentu, setiap tahun pasti turun dari Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) dan masuk pemukiman. Kami selalu dihantui ketakutan jika gajah itu turun, karena pasti ada saja yang dirusak," kata Kepala Pemangku setempat, Anton, Senin, 4 Februari 2019.

Setiap malam, warga selalu melakukan ronda, untuk menghalau agar gajah-gajah itu tidak masuk dan merusak rumah-rumah warga. Polisi Kehutanan (Polhut) juga sudah turun dan beberapa malam terakhir ikut meronda untuk menghalau gajah-gajah itu.

"Saat ini belasan gajah itu sudah agak menjauh sekira 300 meter dari pemukiman warga. Tetapi kami masih tetap berjaga, karena khawatir akan kembali. Kami belum nyaman kalau gajah-gajah itu belum kembali ke dalam hutan," ujar Anton.

Camat Suoh, Novi Andri, mengungkapkan gajah tersebut berjumlah sekitar 12 ekor. Bahkan gajah itu sudah mulai melakukan perusakan tempat pemakaman umum (TPU) dan merusak satu keranda mayat.

"Warga memang masih merasa takut. Gajah-gajah itu bahkan saat ini mulai agresif, merusak keranda dan sejumlah makam juga diinjak-injak," kata dia.

Novi menghimbau kepada warga untuk terus berjaga-jaga, namun tetap waspada, karena bisa saja gajah-gajah itu menyerang mereka.

"Saat ini warga masih melakukan penjagaan, seperti ronda malam dengan cara menyalakan api dan menghalau dengan petasan," kata dia.

Sementara Kabid TNBBS Wilayah II Liwa, Amri, mengaku pihaknya telah menurunkan tim untuk memantau aktifitas gajah yang mulai melintasi pemukiman dan perkebunan warga di Pekon Roworejo.

”Anggota kami sudah turun untuk memantau aktivitas sekitar 12 ekor gajah, yang memang pada tahun-tahun sebelumnya juga sempat turun dari daerah blok tiga dan mendekati Pekon Roworejo,” jelasnya. (SB-09)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong