Logo Saibumi

Muli Mekhanai Lampung Bersatu Gelar Silahturahmi Manjau Tiyuh

Muli Mekhanai Lampung Bersatu Gelar Silahturahmi Manjau Tiyuh

Foto: Istimewa

Saibumi.com, Lampung Selatan - Ratusan muli mekhanai (muda-mudi) yang tergabung dalam perserikatan Lampung Bersatu menggelar silahturahmi Manjau Tiyuh, di Aula Sosial Tiyuh Muara Putih, Natar, Lampung Selatan, Sabtu, 26 Januari 2019.

Ketua Panitia Anek Mekhanai Muara Putih, Ari Wahyudi, mengatakan, acara adat yang dikemas dalam balutan konseptual milenial ini berlangsung sebagai bentuk upaya pelestarian adat, sekaligus menjalin tali persaudaraan seluruh anek muli mekhanai se-provinsi Lampung.

"Acara ini sebagai momentum silahturahmi. Sebenarnya sudah beberapa kali kita helat di beberapa daerah lain bersama Lampung Bersatu. Hanya bedanya kali ini kita dipercaya sebagai tuan rumah," ujarnya, dalam siaran pers yang dikirim ke Saibumi.com, Senin, 28 Januari 2019.

Dalam perhelatan itu, ratusan orang terlibat dan antusias menjalani beberapa sesi rangkaian acara.

Setidaknya pada kegiatan itu pula tercatat sekitar 36 perwakilan tiyuh atau kampung yang mengirimkan perwakilan. Beragam acara tersaji pun menjadi kemeriahan tersendiri, baik bagi peserta maupun warga yang hadir.

"Peserta merupakan muda-mudi muli mekhanai se-Lampung. Perwakilan yang hadir mulai dari Bandar Lampung, Lampung Selatan, Lampung Tengah, Pesawaran dan beberapa kabupaten lain," jelas Yudi.

Kepala Mekhanai Muara Putih itu juga menyampaikan apresiasi sekaligus rasa bangga pada muli mekhanai Muara Putih. Juga kepada masyarakat yang terlibat, tokoh pemuda dan tokoh adat setempat, yang telah memberi ruang dan turut berpartisipasi mensukseskan acara.

"Ucapan terimakasih setinggi-tingginya juga kami sampaikan kepada seluruh pihak terlibat, kaum adat, tetua kampung dan unsur petinggi adat Muara Putih, yang telah turut berpartisipasi dan menyukseskan acara ini. Semoga momen ini selalu terpelihara dan ke depan diiringi berbagai kemajuan," harap Yudi.

Senada, Admin atau Pengurus Lampung Bersatu, Alpian yang juga berkesempatan mewakili muli mekhanai Negeri Ulangan Jaya, Branti, Natar Lampung Selatan, juga mengucapkan terimakasih pada anek Muara Putih yang telah bersedia menjadi tuan rumah sekaligus pelaksana acara yang sukses, memulai silahturahmi Lampung Bersatu di awal 2019.

"Ucapan terimakasih kepada semua pihak yang hadir, baik muli mekhanai maupun para undangan yang telah hadir. Semoga acara pelestarian adat ini dapat terus lebih baik ke depanya," harap dia.

Tokoh adat selaku pengetuho Anek Muara Putih, H.Imron Suttan Rajo Sebuai, juga menyampaikan hal yang sama. Selain menyatakan support dan dapat diteruskan antargenerasi.

Dia juga berharap acara serupa dapat terus berjalan di beberapa daerah lain yang akan mendapat giliran.

"Semoga apa yang menjadi program dan tujuan dari muli mekhanai dapat berjalan lebih baik ke depan. Segala support kami sampaikan, karena kami sangat mendukung kegiatan ini, tentunya dengan harapan dapat lebih baik dari generasi ke generasi," harapnya.

Dalam kegiatan itu beberapa ragam kesenian ditampilkan, mulai dari beberapa tarian hingga belalas pantun.

Turut hadir unsur perangkat desa dan dusun Muara Putih, camat Natar, tokoh adat, pemuka adat Muara Putih, para undangan, anggota DPRD Lamsel, DPRD provinsi, Muli Mekhanai Lampung Bersatu dan warga masyarakat Muara Putih. (*/SB-01)

#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong