Logo Saibumi

Dilaporkan ke Mapolda, Andi Surya Angkat Bicara

Dilaporkan ke Mapolda, Andi Surya Angkat Bicara

Senator Lampung Andi Surya saat konferensi pers di Kantor Perwakilan DPD RI, Jumat, 25 Januari 2019 | Obbie Fernando/Saibumi.com

 
Saibumi.com, Bandar Lampung - Menanggapi pelaporan dirinya ke Mapolda Lampung terkait pencemaran nama baik Universitas Negeri Islam Raden Intan Lampung (UIN RIL), Senator Lampung Andi Surya angkat bicara.
 
Menurutnya, pernyataan Penanggungjawab Kelompok  Studi Kader (Klasika) Een Riansah bahwa kasus pelecehan seksual di kampus UIN bukan yang pertama, sebelumnya dia menyatakan pernah terjadi tiga kali kasus pelecehan seksual di dalam tiga tahun terakhir ini.
 
"Ini fakta luar biasa jika benar pernyataan Penjab Klasika Een Riansah bahwa Kampus UIN sebagai sebuah lembaga pendidikan tinggi berbasis agama justru menjadi sarang maksiat dan hasrat seksual oknum dosen," ujarnya, Jumat, 25 Januari 2019 di Kantor Perwakilan DPD RI.
 
Seharusnya, sambung dia, ini menjadi tempat dimana anak-anak bangsa dididik menjadi insan handal yang tangguh menghadapi masa depan dengan melalui Tri Darma Perguruan Tinggi. Bukan menjadi objek hasrat seksual oknum dosen saya menjadi kehilangan kata-kata untuk menyampaikan gejala immoralitas yang terjadi di kampus UIN.
 
"Untuk itu, saya menyarankan kepada pemimpin UIN tidak melindungi oknum dosen yang diduga melakukan pelecehan seksual ini dan segera proses secara hukum maupun administratif. Kalau perlu sementara oknum dosen terduga ini dicutikan terlebih dahulu, jika terbukti lakukan pemecatan sesuai UU dan peraturan yang ada," tegas dia.
 
Pria yang juga menjabat sebagai anggota MPR RI ini menyampaikan bahwa kampus tersebut untuk segera melakukan evaluasi dan pembinaan kepada dosen dosen baik secara moralitas maupun iman dan taqwa. Karena ini lembaga kampus berbasis agama maka selayaknya para dosen dibentengi oleh nilai-nilai agama.
 
"Jika ingin mengejar rasio dosen terhadap mahasiswa, lakukan proses rekrutmen dosen secara benar dan memenuhi standar etik mengajar. Bukan hanya ilmu saja tetapi tekanan pada aspek perilaku dan etika sehingga diperoleh sumber daya yang memiliki keseimbangan antara ilmu dan imtaq," pungkasnya.(*/SB-06)
 

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong