Logo Saibumi

Kasus Suap Bupati Lamsel Nonaktif, KPK: Belum Ada Tersangka Baru

Kasus Suap Bupati Lamsel Nonaktif, KPK: Belum Ada Tersangka Baru

JPU KPK Wawan Yunarwanto saat diwawancarai awak media, Senin, 14 Januari 2019 | Foto: Obbie Fernando/Saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung - Kendati sudah banyak saksi yang dihadirkan dalam persidangan kasus dugaan suap Bupati Lampung Selatan nonaktif Zainudin Hasan, namun Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum menetapkan tersangka baru.

Hal itu diungkapkan JPU KPK Wawan Yunarwanto yang mengatakan bahwa saat ini masih fokus pada penyelesaian persidangan yang menyeret orang nomor satu di Kabupaten Lampung Selatan ini.

"Di persidangan ini satu persatu kami kroscek untuk menemtukan fakta, meskipun sebagian saksi tidak mengaku. Tapi itu hak mereka, yang penting kita punya fakta untuk disampaikan ke pimpinan," kata Wawan, usai persidangan di Pengadilan Negeri Kelas IA Tanjung Karang, Bandar Lampung, Senin, 14 Januari 2019.

Sampai saat ini pihaknya masih mencari fakta-fakta persidangan dan belum memfokuskan kepada tersangka baru, karena dalam menentukan tersangka baru perlu proses yang panjang.

"Kita belum mengarah ke sana (tersangka baru). Kita hanya membutukan fakta persidangan dari perbuatan terdakwa. Kalau menetapkan tersangka baru itu prosesnya panjang," jelas Wawan.

Diterangkan, proses dalam menetapkan tersangka baru perlu adanya penyelidikan dari pihak penyidik KPK.

"Itu prosesnya apabila fakta persidangan ada saksi yang sudah terbukti di persidangan, kita laporkan ke pimpinan. Nanti ada pihak penyidik yang mencari informasi dari saksi itu. Apabila sudah cukup bukti, baru bisa ditetapkan sebagai tersangka baru," ungkap Wawan. (SB-06)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong