Logo Saibumi

Mantan Kadis PUPR Lampung Selatan Bantah Kondisikan Proyek

Mantan Kadis PUPR Lampung Selatan Bantah Kondisikan Proyek

Syahroni (pakaian putih) saat memberikan keterangan di persidangan, Senin, 14 Januari 2019 | Foto: Obbie Fernando/Saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung - Nampaknya, pengaturan lelang proyek di Dinas PUPR Lampung Selatan (Lamsel) sudah berjalan cukup lama, sejak 2013. Itu berarti sebelum Bupati Lampung Selatan nonaktif Zainudin Hasan menjabat.

Diketahui, Zainudin Hasan dilantik menjadi bupati Lamsel bersama tujuh kepala daerah di Lampung periode 2016-2021, di Gedung DPRD Provinsi Lampung pada Rabu, 17 Februari 2016, lalu. 

Hal itu diungkapkan Kabid Pengairan Dinas PUPR Lamsel, Syahroni, saat menjadi saksi kasus dugaan suap Zainudin Hasan, dalam persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri Kelas IA Tanjung Karang, Bandar Lampung, Senin, 14 Januari 2019.

Menurutnya, pengaturan lelang ini sudah berlangsung sejak Hermansyah Hamidi masih menjabat sebagai kepala Dinas (Kadis) PUPR, sebelum digantikan oleh Anjar Asmara.

"Saya bisa mengatur ini sejak pak Herman menjadi kadis (PUPR). Saya juga yang mengatur nama-nama rekanan pemenang lelang. Dalam satu nama bisa (memiliki) banyak perusahaan," ujar Syahroni.

Selain itu, dia juga ditugaskan oleh Kadis PUPR Lamsel Anjar Asmara (sidang terpisah) untuk menyampaikan seluruh data pemenang kepada kelompok kerja (pokja).

"Saya ditugaskan pak Anjar menyampaikan data kepada pokja. Itu data-data pekerjaannya," ungkap Syahroni.

Namun hal tersebut dibantah oleh Hermansyah Hamidi. Menurutnya, selama menjabat tidak pernah bermain proyek ataupun mendapatkan fee proyek dari para rekanan.

"Saya tidak pernah memberikan perintah untuk mengondisikan seperti itu," tegasnya.

Tetapi, Hermansyah mengakui jika dia pernah diminta Zainudin Hasan melalui Agus BN untuk mengatur proyek. Ketika permintaan tersebut langsung ditanyakannya kepada Zainudin, bupati mengalihkan pembicaraan ke pekerjaan lain.

"Saya dapat informasi dari pak Agus bahwa diperintahkan pak bupati (Zainudin Hasan) untuk mengatur pemenang lelang. Lalu saya konfirmasi ke pak bupati, tapi beliau diam saja dan mengajak saya berdiskusi soal pekerjaan yang lain," jelas Hermansyah. (SB-06)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong