Logo Saibumi

SSB Brawijaya Jadi Juara 1 di Festival Pembinaan Amor Junior U14

SSB Brawijaya Jadi Juara 1 di Festival Pembinaan Amor Junior U14

Saibumi.com - Sepakbola, SSB Amor Junior menggelar Festival sepakbola bertajuk Festival Pembinaan U14 yang diikuti oleh 8 SSB dari beberapa Kota/Kabupaten bertempat di Lapangan Taman Yosomulyo Kota Metro pada Minggu, 13 Januari 2019.

Festival ini diadakan dalam rangka mempererat silaturahmi antar SSB di dalam menjalankan pembinaan sepakbola usia dini dan usia muda.

Didalam Festival ini, 1 tim bermain 7v7 sebagai uji coba menerapkan filosofi bermain ala Filanesia yang menjadi program dari PSSI. Meskipun terbilang telat (karna seharusnya usia 14th sudah mulai bermain 11v11 lapangan besar) tapi justru kegiatan ini tetap menjadi kesempatan anak-anak untuk mengembangkan kemampuannya.

Kegiatan ini berlangsung hanya satu hari (dari pagi sampai sore) dimana 8 SSB yang ikut serta dibagi kedalam 2 grub yang masing-masing grub terdiri dari 4 SSB.

Di grub A, tergabung SSB Amor Junior (Kota Metro) sebagai tuan rumah bersama SSB Porsida (Trimurjo-Lampung Tengah), SSB Porta (Punggur-Lampung Tengah), dan SSB Gensaac (Punggur-Lampung Tengah).

Sedangkan di grub B tergabung SSB Kartika Junior (Kota Metro), SSB Ismaria (Bandar Lampung), SSB Brawijaya (Majapahit-Lampung Tengah) dan SSB Kampus Putra (Kota Metro).

Masing-masing SSB memainkan babak penyisihan saling bertemu dimana dalam satu pertandingan durasi waktunya adalah 2x10menit.

Setelah selesai pertandingan penyisihan yang dimainkan di 2 lapangan berukuran 40×60M, maka ditentukan SSB Porsida (Trimurjo-Lampung Tengah) sebagai juara grub A diikuti SSB Amor Junior (Kota Metro) sebagai runner up grub A. Sedangkan SSB Brawijaya (Majapahit-Lampung Tengah) keluar sebagai juara grub B diikuti oleh SSB Kampus Putra (Kota Metro) sebagai runner up grub B.

Di babak semifinal, SSB Amor Junior bertemu dengan SSB Brawijaya, dimana pada akhirnya pertandingan dimenangkan oleh SSB Brawijaya. Sedangkan SSB Kampus Putra bertemu dengan SSB Porsida, dimana pada akhirnya SSB Porsida memenangkan pertandingan lewat adu penalti.

Di pertandingan Final, SSB Brawijaya bertemu dengan SSB Porsida. Bermain dibawah guyuran hujan tidak mengurangi semangat semua anak-anak dalam bertanding. Meski sedikit lelah dengan jumlah 4 pertandingan yang sudah dimainkan sebelumnya, tetapi kedua tim tetap berusaha menampilkan permainan terbaiknya. Pada akhirnya SSB Brawijaya berhasil memenangkan pertandingan score 2-0 dan berhak keluar sebagai juara.
Sedangkan di final perebutan tempat ketiga, SSB Amor Junior berhasil unggul 1-0 atas SSB Kampus Putra lewat tendangan jarak jauh dari tengah lapangan yang disambut blunder dari kiper SSB Kampus Putra, Judhika Ghozi.

Johan Wahyudi selaku ketua panitia sekaligus Manager/pelatih dari SSB Amor Junior mengungkapkan akan kemungkinan penyelenggaraan kegiatan festival dalam sebulan sekali.

"Kedepannya, kegiatan festival pembinaan ini kemungkinan akan di gelar sebulan sekali untuk lebih mempererat silaturahmi antar SSB", ungkapnya.

Johan juga menambahkan bahwa sistem bermain 7v7 ini sangat cocok untuk diterapkan sebagai bentuk pengenalan terhadap filosofi Filanesia yang menjadi program dari PSSI.

Tidak hanya itu, sistem Festival yang tidak menyediakan hadiah uang (hanya trofi sebagai kenang-kenangan) sebenarnya sesuai dengan sistem pembinaan yang semestinya.

"Saya pribadi lebih suka yang seperti ini, anak-anak tidak mengejar hadiah uang. Mereka tetap bisa bermain serius dalam mengejar kemenangan, namun tidak terbebani untuk menjadi juara. Jika akhirnya sebuah tim menjadi juara, itu adalah bonus dari kerja keras anak-anak didalam setiap pertandingan", Jelasnya.

Hasil pada pertandingan Semifinal :

SSB Amor Junior vs SSB Brawijaya : 0-1
SSB Kampus Putra vs SSB Porsida : 0-0 (ap: 1-2)

Hasil pertandingan Final peringkat 3 :

SSB Amor Junior vs SSB Kampus Putra : 1-0

Hasil pertandingan Final :

SSB Brawijaya vs SSB Porsida : 2-0

Juara 1 : SSB Brawijaya (Majapahit-Lampung Tengah)
Juara 2 : SSB Porsida (Trimurjo-Lampung Tengah)
Juara 3 : SSB Amor Junior (Kota Metro)
Juara 4 : SSB Kampus Putra (Kota Metro).

#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong