Logo Saibumi

Waspada Kolesterol Bisa Mengintai Siapa Saja

Waspada Kolesterol Bisa Mengintai Siapa Saja

Foto Ilustrasi

Saibumi.com, Bandar Lampung - Salah satu tim dokter Bethsaida Hospitals dr. Dipdo Petrus Widjaya, Sp.PD akan menjawab pertanyaan penyebab timbulnya kolesterol.Berikut ulasannya :

Q : Dokter, tubuh saya kurus tapi kolesterol saya tinggi sedangkan teman yang bertubuh besar kondisi kolesterolnya normal, mengapa bisa begitu? Apakah sebabnya? Hal-hal apa saja yang mempengaruhi kolesterol seseorang? Bagaimana cara menurunkannya?.

Tim Dokter : Kolesterol di dalam tubuh kita sebagian besar oleh hati dan usus serta sebagian kecil diperoleh dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Fungsi daripada kolesterol antara lain membentuk membran sel, mensintesis hormon, membentuk steroid, mengangkut vitamin K, membentuk asam empedu, dll. Nah, pembentukan atau sintesis kolesterol pada masing-masing individu berbeda-beda dipengaruhi oleh faktor genetik, keturunan, pola dan jenis makanan sehari-hari aktivitas fisik, olah raga, gaya hidup secara individual sehingga ada orang yang gemuk tapi kolesterolnya normal dan ada orang kurus namun kolesterolnya tinggi.

Cara yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol yaitu dengan diet mengurangi konsumsi makanan gorengan, berminyak, junk food serta lakukan olahraga teratur, minum obat-obatan penurun kolesterol sesuai petunjuk dokter. (*)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong