Logo Saibumi

Ahli Vulkanologi Ragukan Tsunami Dipicu Erupsi GAK, Ini Kata BMKG

Ahli Vulkanologi Ragukan Tsunami Dipicu Erupsi GAK, Ini Kata BMKG

Ahli Vulkanologi Indonesia Surono | Foto: Istimewa

Saibumi.com, Lampung - Kepala Pusat Gempa dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Rachmat Triyono mempertanyakan komentar para ahli yang menurutnya membingungkan masyarakat, soal tsunami Selat Sunda dan erupsi Gunung Anak Krakatau (GAK).

Sebelumnya, ahli meragukan pernyataan BMKG yang menyebut tsunami Selat Sunda disebabkan oleh letusan Gunung Anak Krakatau.

"Getarannya setara dengan M 3.4 dan jelas di titik Krakatau," ujar Rachmat, Sabtu, 5 Januari 2019.

Dia menyebut bahwa telah ada dua alat bukti cukup yang menjadikan Gunung Anak Krakatau sebagai 'tersangka' tsunami Selat Sunda.

"Sampai sekarang Krakatau masih meletus, apakah ini masih diragukan karena ulahnya menimbulkan tsunami," tukas Rachmat.

Hingga saat ini, Gunung Anak Krakatau masih terus mengalami erupsi. Warga pun masih diimbau untuk tidak beraktivitas pada radius sekitar 5 kilometer dari kawah.

"Para pakar sebaiknya jangan memberikan komentar yang malah membingungkan masyarakat," imbau Rachmat, dilansir CNN Indonesia.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya ahli vulkanologi Surono mengatakan bahwa Gunung Anak Krakatau masih terlampau kecil untuk menimbulkan letusan yang mengakibatkan tsunami.

Dia meragukan adanya hubungan antara tsunami Selat Sunda dengan letusan Gunung Anak Krakatau.

"Saya tidak percaya bahwa letusan Anak Krakatau bisa menimbulkan tsunami, enggaklah. Ibunya (Gunung Krakatau) iya. Waktu itu sudah tinggi dan besar, letusan itu dahsyat sekali," ujar Surono di Jakarta, Kamis, 3 Januari 2019.

Menurutnya, aktivitas letusan yang terjadi di Gunung Anak Krakatau adalah hal yang biasa. Wajar bagi gunung berusia muda untuk mengeluarkan letusan-letusan untuk membentuk dirinya menjadi gunung yang utuh. (*/SB-01)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong