Logo Saibumi

Pascatsunami, Warga Lampung Selatan Temukan Buaya Muara di Pantai Marina

Pascatsunami, Warga Lampung Selatan Temukan Buaya Muara di Pantai Marina

Penampakan buaya muara yang ditemukan warga. | Foto: Istimewa

Saibumi.com, Lampung Selatan - Bencana alam tsunami yang terjadi di Selat Sunda, Sabtu, 22 Desember 2018, selain menerjang sejumlah wilayah di pesisir Banten, juga menghantam sejumlah pesisir pantai di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

Belum usai dampak tsunami yang dirasakan, warga Lampung Selatan digegerkan dengan penemuan seekor buaya muara berukuran besar.

Buaya muara berukuran besar itu ditemukan warga di Pantai Marina, Merak Belantung, Lampung Selatan, Sabtu, 5 Januari 2019.

Warga yang melihat kemudian memburu buaya muara tersebut untuk dibawa ke daratan. Buaya yang tertangkap pun lantas diikat kaki dan mulutnya agar tak mengamuk.

Buaya tersebut sudah diamankan warga dan aparat desa, serta telah dikoordinasikan dengan BKSDA melalui kapolsek setempat, dilansir Suara.com, jaringan Saibumi.com.

Sebelumnya, wilayah pesisir terdampak tsunami Selat Sunda terjadi pada Sabtu, 22 Desember 2018, malam, sehingga sejumlah destinasi wisata di Lampung Selatan dipastikan lumpuh.

Hasil pemantauan dan pendataan terkait dampak tsunami yang terjadi di Banten dan Lampung, hampir semua pantai yang berada di Kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan terdampak tsunami, yaitu Pantai Tanjung Tuha, Pantai Minang Rua, dan Pantai Belebuk tak ada yang bisa dikunjungi wisatawan.

Begitupula dengan pantai di sepanjang pesisir Kecamatan Rajabasa, yaitu Pantai Kahai, Pantai Kunjir, Pantai Way Muli, Pantai Wartawan de Mansion, Pantai Banding, Pantai Canti, dan Pantai Batu Kapal juga lumpuh.

Pantai di sepanjang pesisir Kecamatan Kalianda juga sama, yaitu Pantai Maja, Pantai Kedu, Pantai Ketang, Pantai Laguna, Pantai Bagus, Pantai Tanjung Beo, Pantai Sappenan, Hutan Mangrove Grand Elty, Pantai Kalianda Resort, Pantai Merak Belantung, Pantai Marina, dan Pantai Teluk Nipah.

Pulau Sebesi, Pulau Sekepel, dan Pulau Legundi juga terdampak tsunami, sehingga perlu waktu untuk pemulihannya sebagai objek wisata pantai andalan di daerah ini. (*/SB-01)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong