Logo Saibumi

Debat Capres Perdana 17 Januari, Tokoh Nasional Asal Lampung Jadi Panelis

Debat Capres Perdana 17 Januari, Tokoh Nasional Asal Lampung Jadi Panelis

Foto: Ilustrasi/Istimewa

Saburai.com, Lampung - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat perdana calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) 17 Januari 2019. Berbagai macam persiapan, seperti panelis hingga daftar pertanyaan disiapkan.

Debat capres-cawapres yang pertama mengangkat tema 'Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme'. Lokasi debat dijadwalkan di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan.

KPU sudah memutuskan enam nama untuk panelis debat. Satu di antaranya adalah tokoh nasional asal Lampung yaitu Mantan Ketua Mahkamah Agung (MA) sekaligus Mantan Ketua Dewan Pers, Bagir Manan.

Ini daftar panelis debat capres dan cawapres selengkapnya:

1. Agus Rahardjo (Ketua KPK)
2. Ahmad Taufan Damanik (Ketua Komnas HAM)
3. Bagir Manan (Mantan Ketua MA)
4. Hikmahanto Juwana (Guru Besar Hukum Internasional UI)
5. Bivitri Susanti (Pengajar Hukum Tata Negara dan Hukum Administrasi Negara)
6. Margarito Kamis (Ahli Hukum Tata Negara)

Khusus Agus Rahardjo, dirinya memastikan tidak akan menghadiri debat. Namun Agus terlibat sebagai panelis untuk menyusun pertanyaan debat.

"Kami sudah berdiskusi di KPK, kalau buat soal kita mau bantu akan berkontribusi. Tapi terkait tanggal 17 Januari waktu debat kami tidak akan datang, supaya tidak ada kesan kami ditarik ke politik," ujar Agus, dilansir Detik.

Sebenarnya, ada dua nama lainnya yang sempat diusulkan menjadi panelis yaitu Bambang Widjojanto (Eks Pimpinan KPK) dan Adnan Topan (Koordinator ICW). Nama Bambang dan Adnan dicoret dan sudah disepakati masing-masing timses.

Moderator yang mengawasi jalannya debat juga sudah disepakati. Mereka adalah Ira Koesno dan Imam Priyono.

"Bersedia (jadi moderator), kita kirim suratnya," ujar Ketua KPU Arief Budiman.

Arief menargetkan pertanyaan terkait debat dikirim ke masing-masing capres-cawapres pada 10 Januari 2019.

Kandidat Pilpres 2019, Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno direncanakan diberi pertanyaan debat perdana pada 10 Januari atau H-7.

Daftar pertanyaan ini akan diserahkan setelah panelis menyusun pertanyaan. KPU mengupayakan daftar pertanyaan selesai lebih cepat dari jadwal.

"Tadi saya lihat para panelis ada semangat untuk bisa menyelesaikan lebih awal, kami memberikan waktu yang penting tanggal 10 Januari sudah terformula," kata Arief.

Pada Sabtu, 5 Januari 2019, malam, panelis sudah menyusun pertanyaan untuk capres-cawapres. Setelahnya, akan digelar pertemuan membahas teknis debat bersama moderator.

"Setelah itu nanti akan ada kegiatan lanjutan yang sifatnya teknis, misalnya ketemu dengan moderator, untuk memberitahu konteks pertanyaan. Setelah itu KPU yang melaksanakannya secara teknis dan memberikan kepada paslon," kata Bivitri Susanti. (*/SB-01)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong