Logo Saibumi

Hoax Tujuh Kontainer Surat Suara Tercoblos, Polisi Tangkap Dua Orang

Hoax Tujuh Kontainer Surat Suara Tercoblos, Polisi Tangkap Dua Orang

Gedung Bareskrim Polri | Foto: Istimewa

Saibumi.com, Lampung - Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri mengamankan dua orang, terkait hoax 7 kontainer surat suara tercoblos. Keduanya diamankan di Bogor, Jawa Barat, dan Balikpapan, Kalimantan Timur.

"Saat ini sudah diamankan 2 orang, yaitu di Bogor dan Balikpapan," kata Karo Penmas Divhumas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat, 4 Januari 2019.

Kedua orang tersebut berinisial HY dan LS. Mereka ikut menyebarkannya ke media sosial.

"Di Bogor inisialnya HY, dia perannya menerima konten, kemudian ikut memviralkan, yang kedua namanya LS, yang di Balikpapan, sama menerima konten tidak dicek langsung diviralkan," ujarnya, dilansir Detik.

HY dan LS kini belum ditetapkan sebagai tersangka dan belum ditahan. Mereka menjalani pemeriksaan 1x24 jam.

"Kepada 2 orang tersebut dari penyidik Siber Bareskrim tidak dilakukan penahanan tapi melakukan pendalaman terhadap keterangan-keterangan yang yang disampaikan ke penyidik," ucapnya.

Andi Minta Dicek

Sementara Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengaku juga punya kecurigaan saat isu 7 kontainer surat suara sudah tercoblos beredar masif di media sosial. Fadli lantas membela Wasekjen Partai Demokrat Andi Arief yang bercuit meminta KPU mengecek kebenaran kabar tersebut.

"Itu memang merebak di medsos. Saya juga sejak awal mencurigai kalau misalnya hal itu terjadi. Tetapi cuitan Saudara Andi Arief setahu saya hanya minta itu untuk dicek. Jadi justru melakukan konfirmasi dan saya kira tidak ada yang salah dengan hal itu," kata Fadli di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat.

Menurut Fadli, Andi Arief hanya meminta KPU mengecek kebenaran informasi surat suara tercoblos. Andi Arief, lanjut dia, tidak menyebarkan hoax.

"Dia tidak mengatakan bahwa hal itu terjadi. Justru meminta kepada otoritas terkait untuk melakukan pengecekan," ujarnya. (*/SB-01)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong