Logo Saibumi

Gempa M 4,9 Guncang Pesisir Barat Lampung, Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa M 4,9 Guncang Pesisir Barat Lampung, Tidak Berpotensi Tsunami

(Foto: Ilustrasi/Istimewa)

Saibumi.com, Lampung - Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Pesisir Barat, Lampung, Rabu, 2 Januari 2019, malam

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi terjadi pada pukul 20:40:23 WIB dengan kekuatan M=4,9, koordinat episenter 6,47 LS dan 103,69 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 144 km BaratDaya Pesisir Barat, Lampung pada kedalaman 27 km.

Berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempa bumi dirasakan di daerah Liwa, Lampung Barat I-II MMI. Namun demikian hingga saat ini belum ada laporan adanya kerusakan.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempabumi ini merupakan gempabumi kedalaman dangkal akibat aktivitas subduksi pergerakan Lempeng Indo-Australia, yang menyusup di bawah Lempeng Eurasia.

Hasil monitoring BMKG hingga saat ini menunjukkan belum terjadi gempabumi susulan. Untuk itu kepada masyarakat di daerah Lampung dihimbau agar tetap tenang karena gempabumi ini tidak berpotensi tsunami. (*/SB-01)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong