Logo Saibumi

Pascatsunami Selat Sunda, Warga Lampung Selatan Masih Diliputi Trauma

Pascatsunami Selat Sunda, Warga Lampung Selatan Masih Diliputi Trauma

Sebagian rumah warga di Desa Sukaraja, Lampung Selatan yang rata dengan tanah akibat terjangan tsunami dampak erupsi Gunung Anak Krakatau | Foto: Obbie Fernando/Saibumi.com

Saibumi.com, Lampung Selatan - Warga Desa Sukaraja, Lampung Selatan (Lamsel) masih merasakan trauma yang mendalam, jika mengingat dentuman tsunami dari erupsi Gunung Anak Krakatau (GAK) yang menyapu bersih pesisir Selat Sunda.

Seperti dituturkan korban tsunami bernama Sudarna (35) warga Desa Sukaraja, yang merasa terkejut ketika ombak menerjang pemukiman padat penduduk tempatnya tinggal.

"Saat itu kami lagi nonton tv berita tsunami di Lombok, malah kejadian di sini. Kami kaget. Awalnya air laut itu tenang, tapi tiba-tiba seperti mendidih," katanya kepada Saibumi.com, Kamis, 27 Desember 2018.

Dijelaskan, saat terjadinya tsunami para warga sebagian besar sedang beraktivitas di sekitar pesisir pantai. Tak lama kemudian, ombak yang tingginya diperkirakan mencapai lima meter, meluluhlantakkan pemukiman warga dengan membawa sejumlah material dari laut.

"Kalau batu-batu ini sebenarnya bukan batu pantai, tapi batu dari dasar laut yang terangkat karena tsunami kemarin. Rakata (penyebutan warga sekitar untuk Gunung Anak Krakatau) itu kalau malam kelihatan apinya dari pinggir pantai," ungkap Sudarna.

Trauma juga dirasakan warga lainnya, Santi (38). Rumahnya dan milik kakaknya hampir seluruhnya rata dengan tanah akibat tsunami.

"Kaget. biasanya ada berita, ini tiba-tiba datang tsunami. Ini rumah kakak ipar saya, hancur semua. Kakak sekarang lagi dirawat di Rumah Sakit di Kalianda," terang dia. (SB-06)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong