Logo Saibumi

Naik Pesawat? Ini Tips dari Pilot Cara Bertahan Hidup jika Kecelakaan

Naik Pesawat? Ini Tips dari Pilot Cara Bertahan Hidup jika Kecelakaan

Kecelakaan pesawat (Foto: Ilustrasi/detikTravel)

Saibumi.com, Lampung - Kapan terakhir kali Anda memperhatikan instruksi keselamatan di pesawat dari pilot atau pramugari?  Atau Anda malah sibuk mendengarkan headset? Cobalah jujur kepada diri sendiri.

Dihimpun pada Jumat, 9 November 2018, seperti dilansir detikTravel, Anda jangan lagi tidak mengindahkan arahan keselamatan. Data terkini kemungkinan kecelakaan fatal pesawat yang bisa membunuh Anda ada di angka 1 banding 11 juta.

Oleh karena itu, Anda harus bersiap sejak dini dalam menghadapi kemungkinan bahaya tersebut. Ada beberapa tindakan yang dapat penumpang lakukan dalam keadaan genting.

Hal di atas dijelaskan pilot pesawat Boeing 787, Dave Inch. Penjelasan dalam keadaan darurat ada di situs Quora.

Pertama, Anda harus memastikan bahwa Anda sudah siap apabila terjadi kecelakaan, dengan menyingkirkan semua benda tajam dari kantong, melonggarkan ikat pinggang Anda, dan melepaskan ikatan atau syal apa pun. Anda juga harus melepas sepatu hak tinggi dan kacamata jika memakainya.

Selanjutnya, penumpang harus tahu di mana pintu keluar terdekat dan pintu keluar darurat, karena beberapa pintu tidak dapat digunakan saat mendarat di air.

Kemudian hitunglah jumlah baris kursi ke pintu keluar dan cobalah untuk mengidentifikasi tonjolan dan rintangan apa pun di jalan kabin, untuk berjaga-jaga jika kabin penuh dengan asap.

Jangan bangun dari tempat duduk, kecuali diperintahkan untuk melakukannya. Jangan membuka paksa pintu atau jendela apa pun, kecuali diperintahkan pramugari. Jika muncul asap, sepotong kain yang lembab akan sangat membantu pernafasan.

Lalu, ikutilah petunjuk dari pramugari dan bekerjasamalah untuk mengeluarkan semua orang. Jangan buang waktu dengan mengambil video.

Jika Anda tetep ngotot ingin mengambil video dan selamat adalah hal yang keren. Namun bayangkan jika kamu atau orang lain mati karena pengambilan video itu.

Instruksi selanjutnya adalah tidak mengembangkan pelampung sampai kamu keluar dari pintu pesawat. Ini penting, jika mengembangkannya di dalam pesawat yang sudah terisi air, kamu akan terjebak dan tidak dapat berenang keluar.

Jika hal itu terjadi, lepaskan pelampungnya dan peganglah orang lain saat kamu bisa keluar. Karena satu rompi pelampung dapat digunakan oleh dua orang.

Setelah keluar dari pesawat, menjauhlah dari asap dan api. Dalam kasus-kasus dan terdapat penumpang selamat adalah mereka yang mengikuti petunjuk pramugari dan tidak membawa barang apapun yang mengganjal bersamamu. (*)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong