Logo Saibumi

Banyak Kesamaan Pesawaran Dan Ngawi Belajar Bareng E Budgeting

Banyak Kesamaan Pesawaran Dan Ngawi Belajar Bareng E Budgeting

Ist

Saibumi.com, Gedongtataan- Karena banyak memiliki kesamaan DPRD Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur melakukan kunjungan kerja ke Pesawaran, jelang penerapan aplikasi e-Planning dan e-Budgeting pada tahun depan.

Hal itu dikatakan Ketua DPRD Ngawi, Dwi Rianto Jatmiko, Kamis 8 November 2018.

"Kabupaten Ngawi memiliki kesamaan dengan Kabupaten Pesawaran yang merupakan tahun pertama penerapan planing dan e-budgeting dalam penyusunan aspek perencanaan, anggaran, dan tata usaha."

"Karena ini tahun pertama, mungkin banyak plus dan minus di sana sini yang mengharuskan kita untuk bersama-sama belajar sejauh mana pokok-pokok pikiran DPRD itu bisa terakomodir di dalam APBD pada tahun berikutnya," kata dia.

Menurut dia, di Kabupaten Ngawi, untuk e-budgeting sendiri telah diterapkan pada tahun 2018 ini, sedangkan untuk e-planing baru dilaksanakan pada perencanaan pada APBD 2019 mendatang.

"Kita sebagai salah satu unsur penyelenggara pemerintahan daerah harus paham sejauh mana dapat membantu pihak eksekutif dalam menerapkan aturan yang diberikan oleh pemerintah pusat dengan baik," kata dia.

Diketahui, Kabupaten Ngawi memiliki 19 kecamatan dengan jumlah 213 desa dengan nilai belanja APBD 2019 yang diproyeksikan sebesar Rp2,1 triliun dengan pendapatan asli daerah (PAD) Rp211 miliar.

"Kalau penyumbang terbesar PAD tersebut mungkin sama yakni dari retribusi dan pajak. Karena disana juga bukan daerah industri dan merupakan daerah agraris sektor pertanian," kata dia.

Sedangkan untuk program unggulan dari DPRD Ngawi yakni dengan menargetkan sebanyak 5 Perda inisiatif yang dikeluarkan setiap tahunnya.

"Misalnya seperti penguatan budaya. Karena biasnya kalau yang muncul dari eksekutif mereka pasti hanya fokus pada bidangnya masing-masing," tandasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi III DPRD Pesawaran, Jhonny Corne saat menerima kunjungan para pimpinan dan anggota DPRD Ngawi tersebut menyampaikan bahwa meskipun di Kabupaten Pesawaran memiliki nilai belanja APBD yang lebih kecil dari Kabupaten Ngawi, namun menurutnya DPRD Pesawaran tetap optimis dalam memberikan memerataan pembangunan dari segala bidang.

"Karena biasnya dengan semakin terjepit nilainya (APBD) maka semakin fokus untuk memilah dan membagi program tersebut sehingga pembangunan dapat semakin merata," kata dia. (**)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong