Logo Saibumi

Rekomendasikan 8 Poin Pansus PAD Pesawaran Minta Dua OPD Dievaluasi

Rekomendasikan 8 Poin Pansus PAD Pesawaran Minta Dua OPD Dievaluasi

Saibumi.com, Gedongtataan- Tim Panitia Khusus peningkatan PAD DPRD Kabupaten Pesawaran merekomendasikan 8 poin yang harus dilaksanakan dalam upaya meningkatkan pendapatan asli daerah di kabupaten setempat.

Dua rekomendasi diantaranya agar Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengevaluasi kinerja kepala satker.

Hal itu dikatakan Wakil Ketua Pansus Rudi Irawan saat membacakan hasil pansus pada rapat paripurna penyampaian rekomendasi di ruang sidang DPRD, Jumat, 2 November 2018.

"Dari hasil temuan tim pansus untuk dapat ditindaklanjuti untuk menjadi bahan evalusai dimasa mendatang," kata dia.

Dikatakan politisi partai Golkar itu, kontribusi PAD yang belum signifikan, disebabkan masih kurangnya penggalian potensi PAD terutama retribusi dan pajak. Padahal Kabupaten pesawaran memiliki potensi yang besar, namun  belum terlaksana secara optimal. Kemudian manajemen pengumpulan pajak kurang baik dan kurang pekanya pemda dalam melihat potensi PAD.

"Termasuk sumber daya manusia yang kurang mumpuni dan adanya penghindaran wajib pajak karena kurangnya kesadaran wajib pajak," kata dia.

Adapun saran dan rekomendasi yang disampaikan pada sidang paripurna pansus PAD diantaranya merekomendasikan untuk optimalisasi fungsi UPT untuk membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Protap, merekomendasikan kepada Bupati agar pasar rakyat yang selama ini melakukakan aktifitas pasar 2 (dua) hari dalam seminggu untuk dapat melakukan aktivitas setiap hari sehingga retribusi bisa optimal.

Merekomendasikan di jajaran yang membidangi Bidang Pasar agar dievaluasi kemampuan dan kinerjanya. Kemudian merekomendasikan kepada bupati untuk pejabat struktural dilingkungan Dinas Perhubungan, khususnya yang terkait secara teknis dengan pengelolaan PAD, pajak parkir di tepi jalan dan parkir di tempat khusus untuk segera berinovasi dan revisi serta membuat perda dan perbup baru dalam upaya terus meningkatkan PAD dan memberikan sanksi kepada pejabat yang telah menyalahgunakan dana PAD.

Tim pansus juga merekomendasikan kepada Bupati agar seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mempunyai Potensi PAD agar ditingkatkan Anggarannya.

"Saran dan rekomendasi hasil pembahasan dan temuan di lapangan untuk ditindaklanjuti, dengan tujuan dapat menjadi perbaikan perbaikan dalam penyelenggaraan Pemerintahan Kabupaten Pesawaran pada masa yang akan datang dan sebagai bahan evaluasi bagi semua OPD yang ada," kata dia. (**)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong