Logo Saibumi

Bantu Sumirah dan 80 Keluarga Way Gubak Meraih Air Bersih

Bantu Sumirah dan 80 Keluarga Way Gubak Meraih Air Bersih

Warga Kelurahan Way Gubak Sumirah | Ist

Saibumi.com, Bandar Lampung - Kota Bandar Lampung ternyata masih menyisakan permasalahan air bersih, sepertihalnya warga Kelurahan Way Gubak, Kecamatan Sukabumi yang Kesulitan mendapatkan air bersih.

Sudah bertahun-tahun Sumirah bersama 80 keluarga lain di RT 06 Way Gubak mengalami kesulitan untuk memperoleh air bersih, terutama di musim kemarau.

Di musim penghujan, air tersedia cukup banyak dari sungai yang terbentuk saat musim hujan. Air sungai tersebut dialirkan menuju reservoir masjid dan warga mengambil air dari tampungan reservoir masjid. Akan tetapi, begitu masuk musim kemarau, sungai yang menjadi sumber air utama mengering dan hanya menyisakan tiga kubangan mata air.

Pada musim kemarau,  Sumirah bersama warga lain sudah mulai berkumpul mengantri dari pukul tiga pagi untuk mengambil air di mata air yang debitnya kecil dan perlu waktu lama untuk terisi kembali.

“Kita ibu-ibu dari jam 3 pagi udah ngantri biar bisa kebagian air, kadang siang atau sore baru kebagian,”kata Sumirah, warga RT06 Kelurahan Way Gubak.

Begitu ember sudah terisi dengan air, Sumirah harus berjalan beberapa ratus meter sambil memanggul air untuk kembali ke rumah. Hal ini berlangsung setiap harinya sepanjang musim panas.

Bantuan Donasi Untuk Warga Way Gubak

Tim Environmental Heroes (ENVRZ!) yang dipimpin oleh Radhitiya Al Furqan, mahasiswa program studi Rekayasa Infrastruktur Lingkungan ITB telah melakukan survey dan melakukan diskusi langsung bersama warga dan aparat pemerintahan desa terkait permasalahan air bersih ini.

Tim ENVRZ! merumuskan solusi berupa pembangunan sebuah bak penampung di sungai untuk menampung air sungai selama musim hujan. Penggalangan dana kami lakukan untuk membeli material-material bangunan dan pembiayaan proses konstruksi nantinya.

Air yang tertampung di bak sungai nantinya akan dialirkan secara gravitasi ke masjid untuk mengisi reservoir masjid tiap harinya. Air yang ada di reservoir masjid dan air yang tertampung di bak sungai akan menjadi air cadangan dan dapat digunakan selama musim kemarau oleh Bu Sumirah dan warga lainnya sehingga warga tidak perlu mengantri berlama-lama dan berjalan jauh sambil memanggul air lagi.

Sahabat dapat membantu dengan menyalurkan donasi dengan cara klik link berikut : https://m.kitabisa.com/envrzlampung

Apabila memiliki pertanyaan atau ingin tahu informasi tentang project ini, silakan hubungi saya di : 082169615696 (WA available), adhit.work@gmail.com.(**)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong