Logo Saibumi

Direktur CV 9 Naga Jalani Sidang Tipikor Perdana

Direktur CV 9 Naga Jalani Sidang Tipikor Perdana

Terdakwa Gilang Ramadhan selaku Direktur CV 9 Naga yang menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Kelas IA Tanjungkarang, Bandar Lampung, Kamis, 11 Oktober 2018 | Obbie Fernando/Saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung - Direktur CV 9 Naga Gilang Ramadhan terdakwa atas kasus korupsi proyek infrastruktur di Lampung Selatan yang ditangkap KPK beberapa bulan lalu hari ini menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Kelas IA Tanjungkarang, Bandar Lampung, Kamis, 11 Oktober 2018.
 
Pada persidangan, Gilang Ramadhan didampingi oleh dua penasehat hukumnya. Dalam perkara tersebut, Ketua Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) Subari Kurniawan mendakwa Gilang dengan pasal berlapis.
 
Gilang didakwa dengan Pasal 5 dan pasal 13 UU Nomor 31/1999 sebagaimana diubah dan ditambah ke dalam UU Nomor 20/2001 tentang Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). 
 
Dalam surat dakwaan, JPU Subari mengatakan bahwa terdakwa telah memberikan uang sebesar Rp1,4 miliar kepada Bupati Nonaktif Lampung Selatan Zainudin Hasan.
 
"Terdakwa mempunyai tujuan agar pegawai negeri atau penyelenggara tersebut berbuat atau tidak berbuat sesuatu dalam jabatannya yang bertentangan dengan kewajibannya. Pemberian uang itu juga dilakukan melalui Syahroni dan Agus Bakti Nugroho sejak November 2017 hingga 25 Juli 2018," kata Jaksa Subari. 
 
Pemberian uang itu disebut dengan sebutan komitmen fee proyek sebesar 21 persen untuk memenangkan 15 proyek sejak tahun 2017 hingga 2018 yang ada di Dinas PUPR Lampung Selatan. 
 
"Uang tersebut diberikan oleh Zainudin Hasan. Sisanya untuk panitia lelang dan operasional," pungkasnya.(*)
 
Laporan wartawan Saibumi.com Obbie Fernando 

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong