Logo Saibumi

PAD Tak Rasional Pansus DPRD Pesawaran Akan Rekomendasi Kebocoran Di Disperindag

PAD Tak Rasional Pansus DPRD Pesawaran Akan Rekomendasi Kebocoran Di Disperindag

Tim pansus PAD DPRD Kabupaten Pesawaran saat melaksanakan inspeksi mendadak di pasar Gedongtataan

Saibumi.com, Gedongtataan- Pansus DPRD Kabupaten Pesawaran menilai PAD yang diperoleh dari pasar tidak rasional dan terindikasi kebocoran.

Hal itu dikatakan ketua Pansus PAD DPRD Kabupaten Pesawaran Hipni Idris usai melakukan inspeksi mendadak di pasar Gedongtataan, Kamis,  11 Oktober 2018.

"Ada indikasi kebocoran anggaran, dan itu muaranya di Dinas Perindustrian dan Perdagangan," kata dia.

Menurut Hipni, ketetapan target yang diberikan oleh pihak dinas ke UPT pasar tidak berdasar hitungan yang cermat. Sehingga potensi PAD yang semestinya bisa digarap maksimal tidak terserap dengan baik.

Belum lagi, ada indikasi kebocoran serapan PAD di tubuh dinas. Yang mana, rata rata pihak UPT menyetor PAD mencapai target yang telah ditentukan. Namun realisasinya, berdasarkan catatan pihak dinas, UPT menyetor PAD pasarnya kurang dari target yang telah ditentukan.

"Semestinya, UPT menyetor langsung ke kas daerah, sehingga setoran PAD tidak menguap."

"Bahkan, berdasarkan pengamatan kami di lapangan, PAD pasar dapat lebih ditingkatkan lagi, dan itu tergantung niatan dinas dan UPT untuk lebih mendongkrak pendapatan di sektor pasar," kata dia.

Dikatakan politisi PDI Perjuangan itu, pihaknya langsung menggelar hearing dengan OPD terkait membahas tentang hasil temuan di lapangan.

"Pansus ini demi kepentingan pembangunan Kabupaten Pesawaran, jadi setiap temuan di lapangan akan kita jadikan rekomendasi di paripurna ke depan," kata dia.

Diketahui, target PAD untuk pasar baru Kedondong yakni sekitar Rp43,2 juta, untuk pasar Sukaraja Gedongtataan sekitar Rp31,9 juta, pasar Trimulyo Tegineneng sekitar Rp9,5 juta, dan pasar Padangcermin sekitar Rp6,6 juta serta pasar Margapunduh sekitar Rp3,9 juta per bulannya. (*)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong