Logo Saibumi

Kiat Menulis Kreatif dan Produktif Dengan Memanfaatkan Teknologi Digital

Kiat Menulis Kreatif dan Produktif Dengan Memanfaatkan Teknologi Digital

Seminar Kepenulisan dan Website dengan mengusung tema “Sukses Meraup Keuntungan Dengan Menulis” di GSG IAIN Metro, Minggu (30/09) pukul 09.00 WIB

Saibumi.com, Metro - Dalam mengembangkan kemampuan menulis ada beberapa indikator yang dibutuhkan, salah satunya yaitu memaksimalkan teknologi digital untuk menunjang produktivitas penulisan.

Web Developer Saibumi.com Sugono Galih menyampaikan beberapa kiat dalam menulis artikel di media digital untuk menunjang produktifitas, salah satunya memanfaatkan teknologi digital dengan optimal.

“Beberapa hal yang perlu dipersiapkan dalam memulai menulis di media digital yaitu website atau blog. Untuk membangun sebuah website dibutuhkan domain dan hosting, beberapa hosting gratis diantaranya wordpress.com atau blogspot.com,” ungkapnya pada Seminar Website dan Kepenulisan yang digelar UKPM Kronika IAIN Metro, Minggu, 30 September 2018.

Secara teknis membangun sebuah website tidaklah mudah, beberapa sumber daya manusia yang ahli dibidang IT dibutuhkan untuk mengembangkan sebuah website dan aplikasi diantaranya yakni Front-end Web Developer, Back-end Web Developer, Mobile Developer dsb.

“Untuk mengetahui minat pembaca dibutuhkan alat pendukung, salah satu tool yang sudah terkenal dalam menganalisis konten yang disukai oleh pembaca ialah Google Analytics. Beberapa tipe konten yang kerap diminati pembaca ialah konten tutorial, interview atau artikel top lists,” papar dia yang juga merupakan Co Founder LKP Global Komputer itu.

Lanjut dia, agar sebuah artikel terlihat menarik penulis bisa membuat judul artikel yang tepat, judul artikel ini menentukan perilaku pembaca untuk men-klik atau melewati artikel begitu saja.

“Selain itu dapat menambahkan gambar dan video menarik sesuai dengan tema artikel yang dibuat,” jelas dia yang juga Founder Indosmartdigital.com itu.

Setelah semua elemen diatas sudah dimiliki oleh penulis, beberapa kiat agar tulisan berbuah menjadi penghasilan berikut dapat dijadikan pedoman diantaranya membuat tulisan yang menjual, menjadi kontributor dan penulis lepas serta menjadi publisher iklan.

“Strategi pemasaran dimana kita merencanakan, membuat dan mendistribusikan konten yang mampu menarik audiens yang tepat sasaran kemudian mendorong mereka menjadi customer. Selanjutnya, ada banyak website yang membutuhkan tulisan untuk meningkatkan trafik kunjungan. Penulis juga bisa meraup penghasilan blog melalui Google Adsense atau jaringan iklan lainnya,” tutup dia.(*)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong