Logo Saibumi

Pesawaran Jadi Pengembangan Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI)
Dermawan Membangun Dan Berinovasi

Pesawaran Jadi Pengembangan Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI)

Rumah Panggung di Desa Pekon Ampai

Kabupaten Pesawaran melakukan sebuah terobosan dengan melihat begitu banyak manfaat bagi kabupaten Pesawaran untuk menjadi Anggota Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI). Kabupaten Pesawaran menjadi Anggota ke 56 pada  saat Rakernas JKPI  tanggal 7 – 12 Mei 2016 di Kota Banda Aceh.  Dan hingga saat ini Kabupaten Pesawaran menjadi satu-satunya Kabupaten/Kota di Propinsi lampung yang menjadi Anggota JKPI.
 
Adapun beberapa kegiatan Kabupaten Pesawaran setelah menjadi anggota JKPI adalah melakukan kerjasama program kegiatan Sharing City dengan melakukan kunjungan ke negeri belanda dalam rangka penelusuran sejarah bangsa Indonesia. Melalui kunjungan ke museum belanda memberikan manfaat terhadap proses pelestarian peninggalan sejarah dan pengelolaan wisata sejarah di Kabupaten Pesawaran sehingga menjadi salah satu tujuan destinasi wisata sejarah di Propinsi Lampung. Delegasi  dari Kabupaten Pesawaran di pimpin oleh Bapak Wakil Bupati ERIAWAN, SH di dampingi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Perencanan Daerah dan dari unsur legislatif DPRD Kabupaten Pesawaran. 
 
Hasil dari kunjungan ini adalah menguatkan kembali keberadaan Museum Transmigrasi yang berada di Kabupaten Pesawaran yang memiliki histori transmigrasi pertama kali di Indonesia yang dilakukan pada jaman kolonial Belanda. Selain dari penguatan museum Tim JKPI Kabupaten Pesawaran akan melakukan penelusuruan sejarah Jalur Rempah rempah yang ada di Kabupaten Pesawaran terutama di Pulau Legundi sebagai daerah pemasok rempah rampah dari Lampung pada jaman penjajahan belanda. Hasil penelusuran sejarah ini nantinya akan mendukung potensi Pulau Legundi sebagai daerah destinasi wisata sejarah selain potensi destinasi wisata alamnya.
Jejeran Rumah Panggung di Desa Pekon Ampai
 
Dalam rangka pelestarian budaya yang ada di Kabupaten Pesawaran yang juga sebagai anggota JKPI pemerintah Kabupaten Pesawaran melakukan proses pencatatan warisan budaya benda dan tak benda hal ini sesuai dengan UU No 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya. Cagar Budaya adalah warisan budaya bersifat kebendaan berupa Benda Cagar Budaya, Bangunan Cagar Budaya, Struktur Cagar Budaya, Situs Cagar Budaya, dan Kawasan Cagar Budaya di darat dan/atau di air yang perlu dilestarikan keberadaannya karena memiliki nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama, dan/atau kebudayaan melalui proses penetapan. Hasil invetarisasi hingga saat ini Kabupaten Pesawaran telah memiliki 136 Warisan budaya Benda dan tak benda. Hasil inventarisasi ini akan dilakukan pencatatan dan penetapan ke Kementrian Pendidikan dan Kbeudayaan Republik Indonesia dan Database Jaringan Kota Pusaka Indoensia. Dalam rangka 1 dasawarsa JKPI akan mengadakan konggres di Kota Solo pada bulan Oktober 2018.
 
Selain proses pencatatan dan penetapan warisan budaya benda dan tak benda sebagai anggota Jaringan Kota Pusaka Indonesia maka Kabupaten Pesawaran melakukan porses pencatatan waisan benda yang terbentuk sebagai akibat proses alam atau lebih di kenal dengan istilah Saujana. Saujana, kata yang masih asing terdengar ini adalah kata asli bahasa Indonsia, yang secara harafiah menurut Kamus Bahasa Indonesia berarti “sejauh mata memandang”. Kata saujana kemudian disepakati dalam Piagam Pelestarian Pusaka Indonesia tahun 2003 untuk digunakan sebagai terjemahan dari 'cultural landscape'.
 
Potensi Saujana yang ada di Kabupaten Pesawaran antara lain :
 
  1. Tanjung putus yang berada di Desa Sukarame kecamatan Punduh Pidada 
  2. Pulau gosong yang menghubungkan pulau Pahawang Besar ke Pulau Pahawang Lunik di Kecamatan Marga Punduh.
  3. Berbagai Air terjun di Kabupaten Pesawaran.
  4. Gunung Pesawaran dengan 3 puncaknya yakni  Pematang Nebak, Pematang Tanggang dan Pematang Sukma Hilang
  5. Gunung betung dengan adanya batu lapis, hutan larangan dan makam 7 aulia (penyebar agama islam)
  6. Pulau pulau yang ada di Kabupaten Pesawaran yang memiliki karakterisitik tersendiri dari proses pembentukan dan potensi dari pulau pulau tersebut.
 
Berbagai upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Pesawaran dalam rangka pelestarian budaya dan cagar budaya adalah antara lain :
 
  1. Menyusun Pokok Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah sebagai mana amanat undang undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan Republik Indonesia.
  2. Melakukan inventarisasi dan proses pencatatan Warisan Budaya Benda dan Tak Benda yang ada di Kabupaten Pesawaran.
  3. Mensinergikan seluruh sektor dan stake holder dalam upaya menetapkan destinasi wisata budaya yang ada dikabupaten pesawaran.
  4. Melestarikan daan mengembangkan kearifan lokal sebagai bagian dari pengembangan ekonomi kreatif di Kabupaten Pesawaran.
  5. Kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka penguatan kelembagaan adat dan pelestarian nilai nilai tardisi adat istiadat yang ada di Kabupaten Pesawaran.
  6. Melestarikan bahasa lampung melalui proses legalitas penggunaan di intansi pemerintah dan sekolah pada setiap hari Jum’at.
Salah satu yang menjadi fokus pengembangan destinasi wisata budaya yang ada di kabupaten pesawaran sebagai anggota JKPI adalah desa Pekon Ampai. Pekon Ampai merupakan desa yang terletak di Kecamatan Marga Punduh kabupaten Pesawaran.  Desa Pekon Ampai juga memiliki kekayaan budaya yang tersimpan dan belum di optimalkan yakni deretan rumah panggung yang rata rata sudah berusia di atas 50 tahun. Kekayaan budaya ini akan dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Pesawaran menjadi destinasi wisata budaya. Program pembangunan Pekon Ampai sebagai destinasi wisata budaya perlu di gali kembali nilai nilai tradisi adat istiadat serta seni budaya yang ada di Desa Pekon Ampai dikemas secara apik sebagai suguhan atraksi budaya sehingga menambah ketertarikan wisatawan untuk berkunjung di Desa Pekon Ampai. Pemerintah Kabupaten Pesawaran akan menerbitkan regulasi terkait dengan pelestarian Rumah Panggung Lampung sebagai warisan budaya benda yang ada di Kabupaten Pesawaran.

 

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong