Logo Saibumi

Pesawaran Kekeringan Panen Petani Gagal 10 Persen

Pesawaran Kekeringan Panen Petani Gagal 10 Persen

Musim kering | ist

Saibumi.com, Gedongtataan- Musim kemarau tahun ini di Kabupaten Pesawaran terjadi kekeringan lahan seluas 1091 hektar atau 4,9 persen dari target tanam dimusim gadu seluas 21.987 hektar.

Hal itu dikatakan Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Pesawaran Budi Wirawan, Selasa, 18 September 2018.

"Dari target tanam di musim gadu April hingga September ini dengan 21.987 hektar tersebut diprediksi dapat menghasil gabah kering sebanyak 114.333 ton dengan asumsi produksi gabah kering mencapai 5,2 ton per hektar," kata dia.

Menurut dia dari target tanam di musim gadu tersebut sudah terealisasi seluas 16.934 hektar atau 88.057 ton atau 87 persen.

"Memang pada saat terjadi kekeringan, rata-rata padi sudah berbuah dan tinggal menunggu  panen. Sehingga pengaruh kekeringan tidak mencapai 10 persen," kata dia.

Dikatakan Budi, sisa target tanam September ini seluas 5053 hektar atau dengan target produksi 26.276 ton yang diperkirakan akan panen di akhir tahun ini. Dan diperkirakan dari sisa target tanam tersebut sudah direalisasikan penanamannya pada akhir September ini.

"Dengan harapan curah hujan sudah mulai intens. Sehingga target produksi secara keseluruhan di 2018 atau sebesar 114 ton tadi dapat tercapai," kata dia.

Secara keseluruhan lanjut mantan Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura ini, terdapat dua kali musim tanam yakni musim rendeng untuk periode Oktober 2017 hingga Maret 2018. Kemudian musim tanam gadu untuk periode April hingga September 2018.

"Nah, periode panen dari dua musim tanam tersebut terhitung sejak Januari hingga Desember tahun ini,"jelasnya

Kekurangan produksi akibat musim kemarau yang mencapai 1.091 hektar atau 5673 ton tersebut akan dikejar hingga akhir tahun ini.

"Harapannya curah hujan di bulan ini mencukupi untuk mengejar target tanam dan realisasi target produksi," kata dia. (*)

Laporan wartawan saibumi.com Bambang  T

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Berita Sebelumnya

Berita Selanjutnya

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong