Logo Saibumi

Terkendala, Bantuan 3 Ton Bibit Bawang Merah Kelompok Tani Pesisir Barat Belum Ditanam Optimal

Terkendala, Bantuan 3 Ton Bibit Bawang Merah Kelompok Tani Pesisir Barat Belum Ditanam Optimal

Inilah sebagian bawang merah bantuan pemerintah yang sudah di tanam | Ist

Saibumi.com, Lampung Barat - Tiga ton bantuan Bawang merah untuk kelompok tani di Kabupaten Pesisir Barat, tidak termanfaatkan secara optimal. Dari total tersebut, baru 3,5 kuintal yang ditanam sejak diterima pada Rabu, 25 Juli 2018 lalu.

Hingga kini, sisa bibit tersebut masih berada di gudang penyimpanan dan mulai membusuk. Ketua Poktan Tunas Baru, Selamet Tedi, mengakui jika poktan yang diketuainya menerima bantuan itu untuk ditanam diatas lahan seluas 3 Ha. Dari total angka tersebut, dirinya mendapat jatah penanaman bibit bawang merah sebanyak 1 ton. 

"Sementara sisa sebanyam 2 ton, dibagikan ke masyarakat anggota poktan," kata dia.

Banyaknya bibit yang belum ditanam tersebut karena lahan yang masih belum siap, ditambah kurangnya pekerja yang menanam.

"Kalau jatah untuk saya belum ditanam semua karena mau ngeberesin tanaman yang sekarang ini, karena kalau sekaligus gak kuat tenaga nyiramnya. Karena kita modal tenaga satu (dirinya), macul (nyangkul) pun sendiri," kata dia.

Sedangkan, lanjutnya, untuk anggota yang lain juga masih belum ditanam. Alasannya karena lahan belum siap. Lahannya ada tapi karena kemaren itu kemarau, ada pula lahannya masih ditanam tanaman yang lain, jelas Selamet.

Dia menandaskan jika total bantuan bibit dibagikan ke seluruh anggota sesuai dengan permintaan dan kemampuan anggota. "Paling banyak anggota ada yang minta sekitar enam rantai," kata Selamet.

Sementara terkait bibit yang masih ditumpuk dan digantung, menurut Selamet, bibit tersebut merupakan milik untuk empat orang anggota dan miliknya. "Ya jumlahnya sekitar 1 ton lebih milik saya dan empat anggota," kata dia.(*)

 

Laporan wartawan Saibumi.com Edi Saputra

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong