Logo Saibumi

Disdukcapil Lamtim Sediakan Bus Keliling Guna Akomodir Pelayanan Administrasi

Disdukcapil Lamtim Sediakan Bus Keliling Guna Akomodir Pelayanan Administrasi

Disdukcapil Lamtim memberikan pelayanan kepada masyarakat Desa Pelindungjaya Kecamatan Gunungpelindung beberapa | Nurman Agung/Saibumi.com

Saibumi.com, Gunungpelindung - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Lampung Timur menyediakan bus keliling yang mencapai pelosok desa untuk 24 kecamatan di Lampung Timur.

Bus melayani perekaman kartu tanda penduduk elektronik (EKTP) hungga pencetakan berkas kependudukan bagi masyarakat.

Pelayanan ini sudah berlangsung lama, bahkan sebelum adanya bus keliling yang disediakan oleh pemerintah. Biasanya, bus keliling stanby di balai desa atau aula kantor kecamatan. Jadwalnya pun minimal dilakukan setiap pekan oleh Disdukcapil Lamtim.

BACA JUGA: Modus Jual Obat Keliling, 4 Orang Pemuda Diciduk Polsek Sukadana

Kadisdukcapil Lamtim Subandri melalui Kabid Pelayanan Administrasi Kependudukan Indra Gandi menyatakan, pihaknya tetap melakukan hal yang sama seperti sebelumnya, yakni perekaman EKTP, pembuatan surat keterangan pengganti KTP, akte kelahiran dan kartu keluarga.Pelayanan terakhir dilaksanakan di Desa Pelindungjaya Kecamatan Gunungpelindung pada lima hari yang lalu.

"Kenapa tidak di aula kantor kecamatan, karena kecamatan menunjuk desa itu dengan akses jaringan baik dan jumlah warganya pun masih banyak yang belum melakukan perekaman," kata dia kepada Saibumi.com, Sabtu, 25 Agustus 2018.

Disdukcapil Lamtim mengimbau kepada masyarakat agar memanfaatkan kesempatan itu. Karena dinas tidak mungkin secara terus menerus turun ke desa itu, melainkan harus berpindah tempat.

"Jadi kesempatan ini diharapkan dimanfaatkan sebaik-baiknya. Pasti pelayanan kami jadi di tempat. Rekam KTP sekarang jadi KTP sementara. Begitu pun KK dan akte kelahiran pada sore hari berkasnya jadi. Tentunya enggak perlu jauh-jauh ke kantor dinas," ungkapnya.

Disisi lain, Indra Gandi menyampaikan bahwa saat ini masyarakay akan menyambut pelaksanaan pileg dan pilpres, salah satunya harus memiliki EKTP.

"Jangan sampai kita kehilangan hak pilih karena belum memiliki atau belum merekam KTP," imbaunya. (*)

Laporan wartawan Saibumi.com Nurman Agung

 

 

BACA JUGA: BPJS Resmikan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Lampung Timur

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong