Logo Saibumi

Ustaz Abdul Kholik : Berkurban Sebagai Ibadah dan Wujud Kesabaran Kepada Allah SWT

Ustaz Abdul Kholik : Berkurban Sebagai Ibadah dan Wujud Kesabaran Kepada Allah SWT

Ustaz Abdul Kholid saat memberikan khutbah shalat Idul Adha 1439H di Masjid Al-Huda, Rabu, 22 Agustus 2018 | Anisah Farras/Saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung - Zaman modern merupakan tantangan bagi orang tua dalam menjaga dan mendidik anak-anak dalam hal keyakinan yang teguh kepada Tuhan Yang Maha Esa,  untuk lebih mementingkan kepercayaan kepada kehidupan di akhirat.

Pengisi Khotbah Ust. Abdul Kholik mengatakan bahwa masa modern ini sangat mengkhawtirkan anak-anak cenderung memiliki sifat wahad yaitu, lebih mementingkan kecintaan kepada dunia dari pada kehidupan kekal di akhirat.

"Dalam sabda Rasullah berkata, akan datang disuatu zaman, umat Islam pada itu seperti sebuah hidangan, yang di serang dari berbagai sisi. Padahal jumlahnya merupakan mayoritas muslim, tetapi umat-umat sangat memilukan sekaligus memalukan karena memiki sifat wahad. Maka, umat Islam pada saat itu yang dikejar adalah dunia, bukan lagi akhirat," ujarnya,  Rabu, 22 Agustus 2018.

Ia juga menegaskan kepada para orangtua untuk selalu memupuk kepercayaan agam Islam kepada anak-anak yang kelak menjadi penerus keturunan umat Islam agar tetap teguh dalam ajaran tauhid kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Inilah yang kita khawatirkan, zaman semakin maju, justru tantangan semakin berat, sedang dijajah. Peperangan tidak ada, tapi justru inilah yang paling dikhawatirkan oleh kita, karena kita dijajah dalam hal ideologi, dalam hal keyakinan, dalam hal tauhid kepada Allah SWT," jelasnya, di Masjid Al-Huda.

Dalam sebuah riwayat Nabi Ibrahim menanyakan, apa yang kalian sembah ketika orangtua kalian telah meninggal?. Dan inilah yang paling dikhawtirkan Nabi adalah ibadah anaknya. 

"Sebagaimana yang dikhawatirkan oleh Nabi Ibrahim as kepada anaknya bukanlah hal materi, masalah pekerjaan, tetapi keyakinannya. Keyakinan anak-anaknya," kata dia. 

Ia berharap dalam idul adha kali ini bahwa merupakan contoh dalam mewasiatkan Islam kepada anak-anak kita, memberikan pendidikan agama, dan mengarahkan kepada hal-hal kebaikan.

"Dengan salah satu cara mengajarkan kepada anak-anak yaitu adalah berkurban sebagai salah satu ibadah dan kesabaran kita kepada Allah SWT. Serta untuk saling memafkan sesama umat," tutupnya (*)

Laporan kontributor Saibumi.com Anisah Farras

 

 

 

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong