Logo Saibumi

Sidak Stand Kosmetik di Mal, BPOM Temukan 439 Jenis Produk Tanpa Izin Edar

Sidak Stand Kosmetik di Mal, BPOM Temukan 439 Jenis Produk Tanpa Izin Edar

Kepala BPOM Lampung Syamsuliani (Kanan) | Anisah Farras/saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Bandar Lampung menggelar ekpose hasil temuan sidak di beberapa stand kosmetik awal bulan lalu. Ditemukan kurang lebih 439 jenis dan 4.914 kemasan kosmetik dengan nilai kurang lebih Rp127 juta kosmetik tidak izin edar. 

Kepala BPOM Bandar Lampung Syamsuliani mengatakan bahwa melakukan aksi operasi dan penindakan berkala dalam pemberantasan yang dilakukan oleh pelaku-pelaku.

"Sebagai upaya perlindungan kepada masyarakat. Pada tanggal sembilan sampai sepuluh Juli 2018 di Bandar Lampung, lalu tanggal 16 - 17 Juli 2018 di Metro dan Bandar Jaya melakukan aksi di pusat perbelanjaa modern," ungkapnya, Senin, 23 Juli 2018.

86 sarana ditribusi atau stand penjual komsetika dengan sekitar 52,33 persen (45) sarana tidak memenuhi ketentuan, sebab menjual kosmetik tanpa ijin edar dan/atau mengandung bahan berbahaya.

"Total temuan aksi penertiban pasar dari kosmetika ilehal dan/atau mengandug bajan berbahaya di Lampung adalah 439 jenis dan 4.914 kemasan dengan total nilai keekonomiannya sebesar Rp127.646.360," kata dia di Kantor BPOM.

Merujuk UU No.36 tahun 20099 tentang kesehatan, dalam pasal 196, dan pasal 197 terkait peredaran kosmetik yang tidak memiliki izin edar dari BPOM.

"Akan ada sanksi pidana sesuai dengan undang-undang, dapat dipidana penjara paling lama 10 tahun dan denda paling banyak satu miliyar rupiah," tegasnya

Beberapa merek terkenal yang tidak memiliki izin edar antara lain : Vaseline Lip Therapy, Naked 3 Urban Declay, Etude House Wonder Pore Freshner, Ponds, N.Y.X lip cream, Innisfree Greantea, Nature Republic Aloevera Toner dan lainnya.(*)

 

Laporan kontributor Saibumi.com Anisah Farras

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong